Padang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat berkomitmen menghadirkan layanan listrik tanpa kedip untuk menyukseskan dan menyambut kedatangan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin ke provinsi tersebut.

"Kesiapan PLN dalam mendukung kelancaran setiap agenda Wapres sudah dilakukan jauh hari sebelumnya dengan memastikan pasokan listrik dalam kondisi aman," kata General Manager PLN UID Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang Kamis.

Nugroho mengatakan PLN bergerak cepat mengawal dan memastikan semua infrastruktur kelistrikan aman di lokasi-lokasi yang akan dikunjungi Wapres beserta rombongan.

Petugas membuat dan menerapkan standard operating procedure (SOP) khusus guna memastikan suplai listrik andal tanpa kedip. Termasuk menyiagakan personel yang tersebar di beberapa titik.

"PLN melakukan berbagai upaya memperkuat keandalan pasokan listrik. Mulai dari menjaga kelancaran aliran listrik hingga menyiapkan tiga titik prioritas pengamanan," kata dia.

Adapun titik prioritas pengamanan pasokan listrik tersebut di antaranya VIP Bandara International Minangkabau, The ZHM Premiere Hotel Padang tempat Wapres menginap, serta lingkungan Universitas Negeri Padang (UNP) yang dimulai dari ballroom, hotel UNP hingga Masjid Al-Azhar UNP yang menjadi lokasi kunjungan kerja.

"Kami siapkan listrik yang andal melalui penyulang utama, dan skema back up di masing-masing lokasi dua sampai tiga lapis dan petugas siaga," kata dia.

PLN menyiapkan dua lapis pengamanan seperti back up feeder dan genset hotel di lokasi penginapan Wapres berkapasitas 880 Kilo Volt Ampere (KVA).

Sedangkan di lingkungan UNP, PLN menyiapkan dua lapis pengaman di antaranya genset PLN 1×72 KVA dan 1×125 KVA dan genset UNP berukuran 2x800 KVA.

Selain itu, PLN juga menyiapkan CCTV di beberapa titik lokasi prioritas kelistrikan guna pemantauan berlapis di lapangan dan pengawasan secara remote (jarak jauh).

"PLN juga menyiagakan tim selama 24 jam bila terjadi hal-hal yang sifatnya darurat. Sehingga, petugas dapat bergerak cepat dan tanggap untuk mengatasi gangguan yang timbul," jelas dia.


Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin dukung ekonomi syariah di Sumbar

Baca juga: Angkasa Pura II pastikan kesiapan fasilitas jelang kedatangan Wapres

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023