Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di media sosial Facebook menyebut peringatan Hari Raya Waisak jatuh pada 6 Mei 2023 dan menjadi hari libur nasional.

Unggahan tersebut disertai dengan foto kalender Mei 2023 dengan tampilan tanggal merah pada 6 Mei.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:
BESOK SDH MASUK BULAN MEI, ADA 3 TGL MERAH BULAN MEI DLM KALENDER NASIONAL 

1 MEI : HARI BURUH

6 MEI : HARI RAYA WAISAK

18 MEI : KENAIKAN ISA ALMASIH”

Namun, benarkah bahwa hari raya Waisak 2023 jatuh pada 6 Mei?

Unggahan misinformasi yang menyatakan Hari Raya Waisak jatuh pada 6 Mei 2023. Faktanya, Kemenag mengkonfirmasi Hari Raya Waisak jatuh pada 4 Juni 2023. (Facebook)
Penjelasan:
Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Buddha Kementerian Agama Supriyadi menegaskan perayaan Waisak 2567 Buddhis Era (BE) pada 2023 bertepatan dengan 4 Juni, bukan 6 Mei.

"Waisak 2567 BE bertepatan 4 Juni 2023. Itu juga sudah terakomodir dalam Surat Keputusan Bersama antara Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, serta Menteri Tenaga Kerja," tegas Supriyadi seperti dilansir laman Kemenag.

Menurut Supriyadi, peringatan detik-detik Waisak hanya ada di Indonesia dengan menggunakan patokan astronomi universal.

Peringatan detik-detik Waisak sebagai warisan pendahulu umat Buddha itu menjadi sesuatu yang khas di Indonesia, sekaligus melambangkan persatuan dan kesatuan umat Buddha Indonesia dari berbagai penggunaan kalender lunar (Tionghoa, Jawa, Bali) dan tradisi agama yang berbeda-beda.

Dalam penetapan hari besar Buddhis, lanjut Supriyadi, pergantian hari dimulai pada pukul 12 tengah malam. Sehingga, upacara puja dapat dilaksanakan sesudah atau tepat pada detiknya.

Supriyadi menjelaskan satu tahun matahari berjumlah 365 hari. Sedangkan satu tahun lunar hanya 355 hari, sehingga terdapat perbedaan 10 hari setiap tahunnya.

"Tahun 2023 Masehi adalah tahun kabisat lunar di mana terdapat bulan Waisak ganda. Maka yang diambil adalah Purnama-Sidhi Waisak kedua yang jatuh pada 4 Juni 2023 dengan detik Waisak pukul 10.41.19 WIB," katanya.

Klaim: Hari Raya Waisak pada 6 Mei
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! Video perayaan paskah di Arab Saudi

Cek fakta: Hoaks! Januari 2023, ada 25 tanggal merah

Baca juga: Memperkuat toleransi di tengah perayaan Waisak di Desa Kalimanggis

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2023