Jakarta (ANTARA) - Merayakan hari jadi ke-20, unit musik jazz-pop MALIQ & D’Essentials secara khusus telah menyiapkan daftar urutan lagu, setlist, yang terdiri atas 31 lagu pilihan sekaligus koreografi baru pada dua lagu untuk konser yang akan berlangsung pada Minggu (14/5) di Hall B3 dan C3 JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Baca juga: MALIQ siap ajak penonton nostalgia dan gila-gilaan di konser 20 tahun

Dikenal sebagai band yang tak pernah menyiapkan setlist untuk tampil di atas panggung --kecuali saat konser kolaborasi bersama kelompok musik The Groove pada 2016 silam, kali ini MALIQ secara khusus memilih sejumlah lagu andalan, lagu yang jarang dibawakan, hingga lagu yang tak pernah dibawakan secara langsung.

Konser tunggal pertama band yang digawangi Angga Puradiredja (vokal), Rivani Indriya Suwendi (vokal), Dendy Sukarno "Jawa" (bass), Widi Puradiredja (drums), Arya Aditya Ramadhya "Lale" (gitar), dan Ilman Ibrahim (keyboard) itu akan menjadi konser dengan deret lagu terpanjang yang pernah mereka lakoni.

"Pertama kali seumur hidup sebanyak ini. Persiapan fisik pasti lebih repot. Biasanya nggak pake setlist, ini paling sulit untuk memilih karena kami punya hampir 100 lagu yang sudah rilis. Memilih 30-an lagu rasanya seperti banyak, padahal sedikit," ungkap drummer Widi.

Menurut Widi, deret lagu yang disiapkan mewakili setiap generasi pendengar album-album MALIQ. Konser yang juga direncanakan akan didokumentasikan dalam bentuk video sejak awal hingga pasca konser tersebut didedikasikan untuk seluruh pendengar MALIQ lintas-generasi.

Baca juga: MALIQ & D'Essentials tambah 2500 tiket konser 20 tahun
Kelompok musik MALIQ & D’Essentials di Jakarta, Kamis (4/5). (ANTARA/Ahmad Faishal) (ANTARA/Ahmad Faishal)

"Kami pikirkan agar semua orang senang, dari generasi lama yang mendengarkan album pertama, sampai generasi SMP atau SMA saat ini yang mendengarkan album baru. Satu lagi, pekerjaan rumah yang sulit untuk konser nanti adalah menentukan koreografi," tambah Widi.

Soal koreografi, vokalis Rivani Indriya atau yang akrab disapa Indah menjelaskan bahwa akan ada dua lagu khusus yang disiapkan dengan seni gerak untuk konser nanti. Vokalis lainnya, Angga Puradiredja menambahkan bahwa terdapat koreografi yang melibatkan seluruh personel dan ada pula yang hanya dilakukan oleh dirinya dan Indah.

Baca juga: Maliq & D'Essentials gelar konser 20 tahun berkarya pada 14 Mei

"Kalau secara visual tentu sangat seru dilakukan bareng-bareng, orang bisa melihat satu tim nge-dance semua. Ada juga yang khusus kami berdua," jelas Angga.

Terkait hal tersebut maka MALIQ telah berkonsultasi dengan tim produksi busana yang menyiapkan beberapa kostum yang nyaman dikenakan saat bernyanyi dan melakukan koreografi, sekaligus tetap merepresentasikan imej MALIQ.

"Kami usahakan agar kostum tetap nyaman saat menyanyi dan joget. Kenyamanan yang utama. Kami akan berganti baju beberapa kali karena pasti basah karena berkeringat. Semua disiapkan khusus untuk konser nanti," tutup Widi.


Baca juga: Maliq & D'Essentials digandeng Indonesia Mengajar, hadirkan apa?

Baca juga: Rafi Sudirman bawakan ulang "Heaven" dari MALIQ & D'Essentials

Baca juga: Rahmania Astrini bawakan ulang "Untitled" Maliq & D'Essentials

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2023