memastikan warga tidak ada yang masuk kategori sangat miskin
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memastikan warga Kebon Baru, Tebet tidak masuk kategori sangat miskin dalam verifikasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2023.

"Urgensi Fasilitator Forum Konsultasi Publik (FKP) Regsosek diharapkan dapat menjadi modal pemahaman secara lengkap untuk terlibat langsung dalam pembangunan di Provinsi DKI Jakarta," kata Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho, di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Polisi tangkap pria diduga pelaku pelecehan seksual di Pasar Minggu

Ali menuturkan dengan adanya FKP Regsosek pada setiap kelurahan di Jakarta Selatan ini dilakukan sungguh-sungguh oleh pihak terkait yang menjalankan.

"Kepada panitia pelaksana khususnya Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jakarta Selatan, saya haturkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas keterlibatan dalam mendukung suksesnya Regsosek Tahun 2022," ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPS Jakarta Selatan, Munawaroh menambahkan, pihaknya memulai FKP sejak Selasa (2/5) di semua kelurahan sehingga diharapkan para lurah sebagai fasilitator memiliki bekal terkait hal tersebut.

"Pembekalan dilaksanakan sekali saja. Tapi mereka akan melaksanakan konsultasi di kelurahan. Ada yang tiga hingga 13 hari tergantung banyaknya RT," ujar Munawaroh.

Salah satunya, Kelurahan Kebon Baru menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) bersama RW 04 yang terdiri dari 17 RT, sebagai langkah memulai verifikasi pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) Tahun 2023.

Lurah Kebon Baru Mariana menerangkan pendataan awal Regsosek adalah bentuk program terintegrasi untuk memperbaharui kesejahteraan nasional dan bentuk program perlindungan sosial bagi masyarakat.

"Tujuannya adalah untuk memverifikasi data-data yang sudah ada dari petugas data sebelumnya. Sehingga pendataan itu benar-benar valid yang dilakukan oleh para ketua RT nantinya," tutur Mariana.

Menurut dia, ada empat kategori kesejahteraan yang ditetapkan, mulai dari sangat miskin, miskin saja, rentan miskin, dan tidak miskin.

"Di Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, kami memastikan warga tidak ada yang masuk kategori sangat miskin, dalam arti kesusahan untuk makan," tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut hadir dalam kegiatan ini 17 Ketua RT, Ketua RW 04, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK), Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan lima orang tokoh masyarakat.

Baca juga: Satpol PP tangkap pemulung naik pohon saat razia di Kebayoran Lama

Baca juga: Pemkot Jaksel percantik kanstin jelang KTT ASEAN

Baca juga: Pemkot Jaksel bangun sanitasi di tiga lokasi di Tebet Timur

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023