Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengajak warganya untuk hadir dan berbelanja beragam produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam Bazar UMKM memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730.

"Ayo rek semua warga Surabaya, kita harus bangga menggunakan produk UMKM, bangga memiliki dan membeli produk kreatif lokal yang semuanya ada di Kota Surabaya," kata Eri Cahyadi di Surabaya, Jumat.

Pemkot Surabaya menggelar Bazar UMKM di halaman Balai Pemuda dan halaman Balai Kota Surabaya pada 5-7 Mei 2023. Bazar UMKM tersebut menyuguhkan ragam kuliner hingga kerajinan hasil dari pelaku UMKM Surabaya.

Menurut dia, Pemkot Surabaya melibatkan seluruh masyarakat dalam menyemarakkan HJKS ke-730 sebagai upaya menggerakkan perekonomian. Bagi Wali Kota Eri, ekonomi kerakyatan melalui UMKM harus terus digaungkan.

Tentunya, kata dia, hal itu selaras dengan berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Surabaya dalam memasarkan produk UMKM.

Ia mencontohkan, seperti halnya memasukkan produk UMKM ke dalam situs belanja daring E-Peken Surabaya, dengan konsumen tetapnya adalah para aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Surabaya yang diwajibkan membeli produk UMKM.

Hingga melakukan MoU atau kerja sama antara Pemkot Surabaya dengan seluruh hotel di Kota Pahlawan untuk menggunakan produk UMKM.

"Kami buktikan bahwa hasil produk UMKM Surabaya membanggakan dan bisa menjadi bagian pergerakan ekonomi. Sebab, produk UMKM kami tidak kalah dengan produk lainnya, makanya harus bangga menggunakan produk UMKM," ucapnya.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023