Perbaikan jalan tidak hanya menggunakan APBD Kalimantan Selatan....
Paringin (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengalokasikan anggaran dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) total sebesar Rp490 miliar untuk penanganan jalan dan jembatan selama periode 2023.

Kepala Seksi Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel Wahid Ramadani, di Paringin, Jumat, mengatakan, seluruh ruas jalan di Provinsi Kalsel yang mengalami kerusakan berat tersebut ditargetkan akan rampung pada 2023.

"Selain itu, perbaikan jalan tidak hanya menggunakan APBD Kalimantan Selatan, tetapi juga menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Infrastruktur sekitar Rp39 miliar," katanya.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalsel juga mulai mengerjakan perbaikan jalan di Desa Mantimin, Kabupaten Balangan yang rusak parah beberapa tahun terakhir.

“Insya Allah Bulan Mei ini sudah mulai ada kegiatan pengerjaan pada ruas Lampihong-Mantimin dengan total anggaran Rp4,3 miliar,” kata dia pula.

Wahid berharap dan mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga jalan provinsi tersebut, khususnya angkutan yang over kapasitas, karena kelas jalan cuma kelas tiga untuk maksimal beban hanya tujuh ton.

Sebelumnya, Wahid juga menjelaskan kerusakan jalan provinsi skala berat ada di beberapa ruas, seperti Jalan Martapura Lama, Jalan Halong-Paringin, Jalan Lampihong-Mantimin dan Paramasan.

Khusus untuk kerusakan jalan skala kecil, Wahid mengungkapkan, hanya terdapat pengelupasan aspal sehingga ditangani menggunakan anggaran rutin seperti biasanya.
Baca juga: Walhi Kalsel anggap penyebab longsor di jalan nasional akibat tambang
Baca juga: Jalan nasional di Kalsel longsor ke lubang tambang batu bara

Pewarta: Imam Hanafi/ragil
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023