Keberadaan guru sangatlah penting untuk berinteraksi langsung dan mengakomodir kebutuhan anak didiknya
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut keberadaan guru tidak bisa digantikan oleh siapapun termasuk robot.
 
"Guru tidak bisa digantikan dengan siapapun, bahkan oleh robot sekalipun," kata Heru saat memberi sambutan pada Konferensi Kerja Provinsi (Konkerprov) ke III Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) DKI Jakarta Masa Bakti XXII Tahun 2023 di Balai Agung, Balai Kota Jakarta, Jumat.
 
Dalam kesempatan tersebut, Heru mengatakan guru memiliki peran yang sangat besar dalam keberlangsungan proses belajar mengajar.
 
"Keberadaan guru sangatlah penting untuk berinteraksi langsung dan mengakomodir kebutuhan anak didiknya yang disesuaikan dengan kemampuan. Karena pertemuan tatap muka, tatap mata itu sangat penting. Dengan itu kita bisa melihat anak didik kita, apakah dia sehat, apakah kemampuannya sama," jelas Heru.
 
Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa kapasitas guru perlu ditingkatkan terlebih lagi pembelajaran harus dikemas lebih kreatif agar minat belajar siswa tetap tinggi.
 
"Guru kapasitasnya harus ditingkatkan. Misal Guru belum menyiapkan sesuatu ngambil bahan dari YouTube, muridnya bertanya, pertanyaan tentang materi itu, guru gak bisa jawab, akhirnya mengambil dari YouTube lain untuk menjawab ini. Khusus di DKI, guru sudah cukup tunjangan kinerjanya,sudah cukup baik. Maka dari itu, kemampuannya harus terus ditambahkan," ucap Heru.
 
Heru juga mengungkapkan bahwa ia akan berkeliling mengecek sekolah-sekolah di Jakarta pekan depan.
 
"Saya akan keliling sekolah-sekolah mulai Senin," ujar Heru.
Baca juga: P2G dorong Pemprov DKI berikan kontrak lima tahun untuk guru PPPK
Baca juga: DKI akan sanksi tegas oknum guru agama yang lecehkan siswi SD
Baca juga: DPRD harap alokasi khusus APBD DKI untuk kompetensi guru

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023