Jakarta (ANTARA) - Presiden Direktur dan CEO PT. XL Axiata Dian Siswarini mengungkapkan sejumlah strategi untuk mempertahankan performa perusahaan pada tahun ini, di antaranya dengan terus fokus meningkatkan kualitas layanan bagi pelanggan serta membangun infrastruktur jaringan.

"Jadi yang pertama tentu yang harus kita lakukan adalah bagaimana tetap memberikan layanan telekomunikasi, khususnya internet yang nyaman dan bisa diterima dengan baik oleh pelanggan," ujar Dian di Jakarta, Jumat.

Dia mengatakan bahwa performa XL Axiata senantiasa didukung oleh pelanggannya. Oleh karena itu, perusahaan harus terus memberikan layanan telekomunikasi, terutama layanan internet yang nyaman dan diterima dengan baik oleh pelanggan.

Baca juga: XL Axiata optimistis bisnis telekomunikasi 2023 makin baik

Hal ini termasuk memastikan bahwa layanan tersebut berkualitas tinggi, memiliki kapasitas yang cukup, dan dapat diakses oleh pelanggan.

Untuk terus memberikan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan, XL Axiata harus mengetahui apa keinginan pelanggan, apa ekspektasi mereka, bagaimana perubahan atau transformasi dari kebutuhan pelanggan tersebut, lalu mengikutinya setiap saat.

Perusahaan, kata Dian, juga akan berfokus untuk membangun internal organisasi yang kuat guna memenuhi tuntutan kemajuan teknologi, perubahan zaman, dan harapan pelanggan yang berkembang.

Dian menegaskan bahwa kemampuan perusahaan untuk belajar dengan cepat sangat penting, karena kemajuan teknologi, perubahan ekosistem, dan perkembangan kebutuhan pelanggan terjadi semakin cepat.

"Jadi kalau organisasi kami tidak mempunyai kemampuan untuk belajar atau learning agility yang tinggi itu bisa tertinggal," kata dia.

Lebih lanjut, Dian mengatakan pada tahun ini pihaknya juga akan terus berinvestasi pada infrastruktur jaringan.

Menurut dia, jaringan adalah tulang punggung industri telekomunikasi, dan pihaknya harus terus membangun dan memperluas jaringannya untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat.

Dian pun menekankan pentingnya berinvestasi pada area yang tepat untuk menghasilkan keuntungan dan memastikan profitabilitas perusahaan.

"Kami juga harus melihat di mana kami harus mengeluarkan investasi di tempat yang tepat sehingga investasi tersebut bisa menghasilkan return dan memberikan profitabilitas kepada XL," kata dia.

XL Axiata berhasil meningkatkan sejumlah kinerja di sepanjang tahun 2022, yaitu pertumbuhan pendapatan naik 9 persen menjadi Rp29,2 triliun dibanding tahun sebelumnya, juga laba bersih yang terus berkembang 1 persen menjadi Rp1,1 triliun.

Baca juga: XL Axiata tingkatkan kapasitas jaringan di Sumbar saat Lebaran 2023

Baca juga: Kesiapan operator telekomunikasi hadapi mudik Lebaran 2023

Baca juga: Trafik XL Axiata diprediksi naik 30 persen di Lebaran 2023

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023