Moskow (ANTARA) - Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan pembicaraan langsung dengan Armenia adalah upaya terbaik untuk mencapai kesepakatan damai.

"Saya percaya negosiasi langsung di antara kedua negara akan lebih bermanfaat dan perlu. Saya pikir kita harus terus bergerak ke arah ini jika, tentu saja, Armenia juga siap untuk ini," kata Aliyev ketika berbicara dalam konferensi internasional di Kota Shusha, Rabu (3/5).

Aliyev mengatakan bahwa Armenia sekarang lebih terbuka dibandingkan beberapa mitranya di Barat dengan mengakui integritas teritorial Azerbaijan, dan hanya perlu menyatakan bahwa Karabakh adalah bagian dari Azerbaijan seperti yang telah tertulis di atas kertas.

“Deklarasi Alma-Ata sebenarnya menggambarkan dan mengakui secara administratif dan resmi perbatasan bekas republik Uni Soviet. Artinya mereka (Armenia) sudah sepakat bahwa Karabakh adalah Azerbaijan," tutur dia.

Aliyev mengakui bahwa ada beberapa masalah sensitif dalam hubungan dengan AS mengenai integritas teritorial Azerbaijan, tetapi selain itu, kedua agenda memiliki banyak agenda bilateral.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Gedung Putih sambut Menlu Azerbaijan dan Armenia guna bahas perdamaian
Baca juga: Armenia, Azerbaijan gelar perundingan damai di Washington pada Minggu
Baca juga: Tiga tentara Azerbaijan tewas dalam serangan oleh pasukan Armenia

 

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023