Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan sebanyak 227 calon haji asal daerah itu sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 2023.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong Lukman di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan besaran Bipih yang dilunasi oleh masing-masing calon haji dari kota dan kabupaten di Provinsi Bengkulu sebesar Rp21,4 juta dari total sebesar Rp46.044.850.

Baca juga: Enam calon haji prioritas lansia di Bengkulu meninggal dunia

"Alhamdulillah, sebanyak 227 calon haji Kabupaten Rejang Lebong sudah melunasi Bipih," kata dia.

Dia menjelaskan, dari 227 calon haji Kabupaten Rejang Lebong yang sudah melunasi Bipih ini terdapat sembilan orang yang melakukan penundaan keberangkatan karena faktor kesehatan sehingga digantikan dengan kuota cadangan yang disiapkan sebanyak 20 orang.

Baca juga: 24 calon haji asal Kaur Bengkulu perpanjang paspor

Setelah pelunasan Bipih 1444 Hijriah/2023, kata dia, selanjutnya mereka akan mengikuti manasik haji tingkat kabupaten pada 15 Mei dan 17 Mei 2023 bertempat di Masjid Agung Baitul Makmur Rejang Lebong.

Setelah pelaksanaan manasik haji tingkat kabupaten sebanyak dua kali akan dilanjutkan dengan manasik haji tingkat kecamatan sebanyak delapan kali yang dilaksanakan di empat lokasi.

"Pelaksanaan manasik haji tingkat kecamatan ini akan dilaksanakan di empat lokasi, yakni di Kecamatan Curup Kota, Curup Tengah, Curup Timur, dan Padang Ulak Tanding," katanya.

Baca juga: Kemenag: 1.636 calon jamaah haji Bengkulu berangkat pada 2023

Dia mengimbau 227 calon haji Kabupaten Rejang Lebong untuk selalu menjaga kesehatan, rajin berolahraga, dan mengkonsumsi makanan bergizi sehingga bisa berangkat haji tanpa ada halangan.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023