Berdasarkan informasi Menteri Agama, kuota haji tahun ini kembali normal. Tidak dibatasi usia dan tidak dibatasi dengan ketentuan lain dan mudah-mudahan seperti ketentuan normal
Kota Bengkulu (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu menyebutkan bahwa pada 2023 kuota haji akan dikembalikan ke awal sebelum adanya pandemi COVID-19 yaitu pada 2019 sebanyak 1.623 calon jamaah haji.
 
"Berdasarkan informasi Menteri Agama, kuota haji tahun ini kembali normal. Tidak dibatasi usia dan tidak dibatasi dengan ketentuan lain dan mudah-mudahan seperti ketentuan normal," kata Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Intihan di Kota Bengkulu, Senin.

Ia menambahkan dari Bengkulu ada 11 orang petugas haji daerah (PHD) dan dua petugas pembimbing unsur dari Provinsi Bengkulu.
 
Saat ini, kata dia, Menteri Agama aqut Cholil Qoumas sedang berkoordinasi dengan Pemerintah Arab Saud terkait penambahan kuota ibadah haji pada 2023.

Namun, untuk kepastian jumlah kuota yang akan diberikan kepada wilayah di Provinsi Bengkulu, hingga saat ini pihaknya masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.
 
"Untuk kuota haji 2023 di Provinsi Bengkulu saat ini masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Agama dan arahan dari Gubernur Bengkulu," ujarnya.
 
Pada keberangkatan haji 2021 dilakukan pembatasan seperti jamaah yang berusia di atas 65 tahun tidak diperbolehkan untuk berangkat.
 
Sebelumnya, kuota jamaah haji Bengkulu yang berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada 1443 Hijriah atau tahun 2022 Masehi sebanyak 747 orang.
 
Rinciannya, Kota Bengkulu sebanyak 140 orang, Kabupaten Rejang Lebong 106 orang, Kabupaten Bengkulu Utara 92 orang, Kabupaten Mukomuko 81 orang.
 
Kabupaten Seluma 79 orang, Kabupaten Bengkulu Selatan 59 orang, Kabupaten Kepahiang 50 orang, Kabupaten Lebong dan Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 43 orang serta Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) satu orang.

Baca juga: Kemenag: 48 pendaftar haji Rejang Lebong-Bengkulu tarik dana setoran

Baca juga: Sebanyak 387 haji tiba di Provinsi Bengkulu

Baca juga: Bengkulu siapkan dana Rp10 miliar untuk ibadah haji 2022

Baca juga: 1.636 warga Bengkulu batal beribadah haji

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023