Pada dasarnya Bandara Samrat sangat siap, apalagi kami telah melayani 24 jam....
Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) siap menjadi alternatif parkir pesawat delegasi KTT ASEAN 2023.

"Pada dasarnya Bandara Samrat sangat siap, apalagi kami telah melayani 24 jam dan luas bandara telah ditambah," kata GM Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Jumat.

Dia mengatakan saat ini tempat parkir ada 22 dan bisa digunakan tiga hingga lima penerbangan.

"Kami berharap KTT ASEAN bisa berdampak pada perekonomian dan membuka jalur penerbangan ke berbagai negara di ASEAN," katanya pula.

Minggus menjelaskan sebelum pengembangan Bandara Samrat seluas 26.481 meter persegi dengan kapasitas 2,6 juta penumpang per tahun.

Dengan ada pengembangan terminal baru, luasnya menjadi 57.296 meter persegi yang mampu menampung hingga 5,7 juta penumpang per tahun.

Kemudian, untuk perluasan lahan parkir dari yang sebelumnya seluas 15.724 meter persegi menjadi 20.080 m2.

Perluasan parkir untuk roda empat dengan kapasitas 650 mobil dari sebelumnya 350 unit. Perluasan parkir untuk roda dua dengan kapasitas 760 unit motor dari sebelumnya 734 unit.

"Seiring dengan itu dilakukan penambahan toll gate in dengan sistem manless untuk motor 1 toll gate dan 2 toll gate mobil dan penambahan 1 toll gate out mobil pada area terminal kargo," kata Minggus.
Baca juga: Bandara Sam Ratulangi Manado melayani 80.000 penumpang libur Lebaran
Baca juga: Pemprov harap KTT ASEAN fungsikan IHP Bitung-Bandara pintu ekspor KTI


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023