... yang direkomendasikan, di antaranya Jalur alternatif Hanjawar, Sukaresmi, Cikalongkulon tembus Jonggol... "
Cianjur, Jawa Barat (ANTARA News) - Polres Cianjur, Jawa Barat, mengimbau pengendara dan penguna jalan yang terjebak di sepanjang jalur Cianjur-Cipanas tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya, untuk menggunakan jalur alternatif yang banyak terdapat di sekitar wilayah tersebut.

Sedangkan bagi penguna jalan yang hendak bertahan menunggu proses penyingkiran material longsoran di kawasan tersebut, diminta untuk bersabar, dimana proses sedang berlangsung dengan mengunakan tiga alat berat.

"Kami imbau penguna jalan yang terjebak beberapa puluh meter dari lokasi, untuk bersabar. Kemungkinan besar menjelang tengah malam, kita upayakan satu jalur dapat dilalui kendaraan," kata Kepala Satuan Lalu-lintas Polres Cianjur, AKP Dewo Sadewo, Rabu malam.

Dia menuturkan, beberapa jalur laternatif di kawasan Cipanas, yang direkomendasikan, di antaranya Jalur alternatif Hanjawar, Sukaresmi, Cikalongkulon tembus Jonggol.

Hal yang sama telah dilakukan pihaknya dari pertigaan Jalan Raya Bandung-Cianjur, dimana bagi penguna jalan dengan tujuan Bogor, diarahkan ke Jalur alternatif Jonggol.

"Kami akan menutup jalur Puncak, dieprkirakan selama dua hari kedepan. Sedangkan untuk memutus rantai antrian mala mini, kami akan upayakan dibukanya satu jalur," tuturnya.

Sementara itu, proses menyingkirkan material longsor di Jalur Puncak KM 88, Dinas Binamarga Cianjur, akan menambah dua unit alat berat, dibantu dumtruk, guna mengangkut material longsoran.

"Saat ini, untuk memutus antrian kendaraan dari kedua arah, kami upayakan untuk membuka satu jalur dulu. Besok pagi kita akan tambah alat berat, agar proses dapat dipercepat," kata Kadis Binamarga Cianjur, Atte Adha. 

(KR-FKR/M019)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013