Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (Adupi) Christine Halim mengungkapkan, industri daur ulang mampu menjadi penghubung dalam lingkaran sirkular ekonomi yang selama ini tidak tersambung.

“Industri daur ulang akan menjadi penghubung di dalam lingkungan dari siklus lingkaran sirkular ekonomi yang akan menghubungkan produsen konsumen sehingga barang tersebut bisa kembali ke produsennya,” ujar Christine saat ditemui di kantor Kamar Dagang Industri (Kadin) Jakarta, Jumat.

Produsen penghasil produk, lanjutnya, selama ini hanya menghasilkan suatu produk dan digunakan oleh konsumen, sementara kemasan produk sisa konsumsi akan berujung ke tempat sampah.

Dengan adanya industri daur ulang yang mengolah sampah tersebut, maka akan menimbulkan dampak positif dari sisi lingkungan serta ekonomis bagi masyarakat.

“Peranan industri daur ulang adalah mengolah sampah-sampah tersebut dan sebagai dampak positifnya menimbulkan dampak nilai ekonomis dan juga menjaga kelestarian lingkungan serta mengembalikan sampah-sampah tersebut menjadi barang yang berguna bagi produser itu kembali,” paparnya.

Dengan demikian, Christine memproyeksikan industri daur ulang akan menjadi industri yang memiliki perkembangan bagus. Namun demikian, peran serta sejumlah pihak seperti pemerintah dari sisi regulasi, masyarakat dan akademisi untuk mengembangkan industri ini diperlukan.

Sehingga ke depan, industri daur ulang menjadi industri yang matang/mapan serta tak dapat dilepaskan dari kehidupan masyarakat sehari-hari.

Sebagai informasi, Adupi pada pameran industri terbesar di dunia Hannover Messe yang digelar di Jerman pada 17-21 April 2023 ini, berhasil meneken kerja sama investasi sebesar 33,8 juta dolar AS. Adapun penandatanganan kesepakatan ini dilakukan oleh tiga anggota Adupi, yakni adalah PT Bumi Indus Padma Jaya (BPIJ), Free The Sea dan Block Solution (BSI).

Baca juga: Industri daur ulang RI-Singapura teken kerja sama di Hannover Messe
Baca juga: Menko Marves dorong pelaku industri minuman garap fasilitas daur ulang
Baca juga: Nexus3 usulkan insentif untuk pabrik daur ulang plastik dan kertas

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023