Jakarta (ANTARA) - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengharapkan penghargaan Male Award in Support of He for She dari Association of Women Police(IAWP) 2023 yang diterima oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mendorong terealisasinya pembentukan Direktorat Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA).

"Penghargaan IAWP tersebut diharapkan menjadi pendorong agar Direktorat PPA segera terealisasi," kata anggota Kompolnas Poengky Indarti kepada ANTARA saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

IAWP mengumumkan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai penerima penghargaan He for She IAWP 2023 atas kontribusi yang signifikan dalam mempromosikan dan memajukan perempuan dalam kepolisian.

Poengky mengatakan bahwa He for She adalah gerakan solidaritas untuk peningkatan kesetaraan gender yang diprakarsai Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan diluncurkan pertama kali pada tanggal 20 September 2014 oleh Sekjen PBB Ban Ki-moon dan UN Women Global Goodwill Ambassador Emma Watson.

Di Indonesia, lanjut dia, Presiden RI Joko Widodo sudah menerapkan gerakan He for She dengan mengangkat lebih banyak perempuan untuk menduduki posisi menteri-menteri penting di dalam Kabinet Indonesia Bersatu, antara lain, Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri, Sri Mulyani selaku Menteri Keuangan, Bintang Puspayoga selaku Menteri PPPA, dan Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial.

"Penghargaan pada tahun 2023 Male Award in Support of He for She dari International Association of Women Police kepada Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo adalah penghargaan yang sangat membanggakan," ujarnya.

Menurut Poengky, penghargaan tersebut layak diberikan kepada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit karena memiliki perhatian kepada peran polwan.

Perhatian itu, di antaranya memberikan peluang yang sama kepada para polwan untuk menduduki posisi-posisi strategis, mengesahkan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pengarusutamaan Gender, mengangkat lebih banyak polwan untuk menyandang pangkat jenderal.

"Kemudian, Polri juga sukses menyelenggarakan konferensi IAWP 2021 di Labuan Bajo, dan upaya penguatan peran PPA dari unit menjadi direktorat," kata Poengky.

Wacana penguatan PPA dari unit menjadi direktorat di tingkat Mabes Polri dan polda jajaran ini disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada rilis akhir tahun 2021.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo pada rilis akhir tahun 2022 menyampaikan bahwa Polri masih berjuang untuk merealisasikan Direktorat PPA karena proses yang dilalui tidak mudah.

Pembentukan direktorat ini merupakan komitmen Polri dalam memberikan pelayanan kepolisian terbaik untuk penanganan serta penegakan hukum tindak pidana dengan korban atau pelaku perempuan dan anak.

Baca juga: Kapolri raih penghargaan dari IAWP
Baca juga: Polri: Protokol keamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo berlaku 7-13 Mei


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023