Ada praktik penanaman hidroponik secara sederhana
Jakarta (ANTARA) - Sukarelawan Ganjar Milenial Center (GMC) memberikan pelatihan bertani hidroponik untuk para anak muda milenial di Desa Sungai Segak, Kalimantan Barat, Jumat.

"Tujuan kami supaya adik-adik di sini bisa mandiri, memanfaatkan lahan yang sederhana sehingga bisa membuahkan hasil yang besar," kata Koordinator Wilayah GMC Kalbar Nuryahdi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

GMC menggandeng Himpunan Mahasiswa Agraria (Himagri) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalbar dan Gerakan Pemuda Sui Segak Ika Ta'lim Tanjung Pandan.

"Ada praktik penanaman hidroponik secara sederhana," ujarnya.

Menurut Nuryahdi, para milenial mulai bisa perlahan meninggalkan cara konvensional, seperti bertani di sawah dengan beralih ke teknik hidroponik. Dengan adanya pelatihan tersebut, pengetahuan dan wawasan pemuda tentang hidroponik juga bertambah.

"Selama ini, cara lama digunakan untuk bertani itu di sawah. Dengan adanya pelatihan ini, wawasan dan ilmu para pemuda di sini bertambah tentang cara menanam hidroponik yang sederhana barang bekas di sekitar kita," jelasnya.

Nuryahdi berharap para peserta pelatihan ini bisa langsung menerapkan penanaman dengan teknik hidroponik di lingkungan masing-masing. Dia juga meminta pemuda di desa tersebut ikut mengajar para milenial di desa lain agar bisa menanam dengan teknik hidroponik.

"Diharapkan kegiatan ini memberikan dampak positif kepada masyarakat, selain menyosialisasikan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024," katanya.

Perwakilan Gerakan Pemuda Desa Sungai Segak Wakil Tanjung mengatakan para milenial di Desa Sungai Segak memiliki potensi untuk semakin berkembang, khususnya di bidang pertanian. Karena itu, mereka bersama GMC bekerja sama untuk mengadakan kegiatan tersebut.

Dia berharap keterampilan para peserta pelatihan bisa meningkat dalam bidang pertanian, sehingga perekonomian masyarakat di lingkungannya ikut terangkat.
Baca juga: Relawan Ganjar tanam mangrove dan bantu nelayan di Karawang
Baca juga: Relawan Ganjar serahkan keputusan bakal cawapres ke parpol

Pewarta: Fauzi
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023