... Jepang mengerahkan sejumlah jet tempur menghadapi pesawat tempur China... "
Tokyo (ANTARA News) - Eskalasi pesiapsiagaan di Asia Timur meningkat. Jepang mengerahkan sejumlah jet tempur menghadapi pesawat tempur China yang terbang di wilayah udara kawasan sengketa kedua negara, lapor media Jepang, Kamis.

Fuji TV melaporkan radar Jepang menangkap sinyal pesawat China yang terbang di area Kepulauan Senkaku. China mengklaim Kepulauan Senkaku sebagai miliknya; juga secara sepihak dan agresif mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan.

Pesawat terbang China itu --tidak dijelaskan pesawat terbang militer atau sipil-- tidak melakukan serangan tapi memasuki zona udara Jepang.

Pusat informasi Kementerian Pertahanan Jepang tidak memberikan konfirmasi atas kejadian itu.

Pesawat China pergi setelah jet tempur F-15 lepas landas dari kawasan militer Pulau Okinawa.

Kapal dan pesawat China kerap melintas di kawasan sengketa sejak Jepang menasionalisasi Kepulauan Senkaku pada September. Bahkan Armada China sampai mendekat ke 12 mil zona pantai. 

Harian Sankei Shimbun melaporkan Pasukan Bela Diri Udara Jepang mengerahkan jet tempur untuk mengusir pesawat China yang sering mendekat dalam beberapa bulan terakhir.

F-15 Jepang juga sering diterbangkan selama empat kali pada Desember termasuk ketika wilayah udara Jepang dilanggar, kata Menteri Pertahanan Jepang, Itsunori Onodera. 

(A061)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013