Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengenalkan keguyuban warga saat melakukan "sunmori" (sunday morning ride) atau berkendara di hari Minggu pagi bersama dengan ribuan anggota komunitas vespa.

"Pagi ini mengelilingi Surabaya bersama komunitas vespa yang sangat luar biasa, karena tadi ada sekitar ribuan orang yang ikut dari berbagai komunitas vespa," kata Wali Kota Eri didampingi sang istri Rini Indriyani, Minggu.

Baca juga: Komunitas vespa diharapkan bantu promosikan Gunung Rinjani

Diketahui ada sekitar 2.000 anggota komunitas vespa baik yang berasal dari Surabaya maupun yang berasal dari luar mengikuti Sunmori kali ini. Mereka diberangkatkan oleh Wali Kota Eri dari halaman Balai Kota, mengelilingi Surabaya dan finish di Alun-alun.

Seusai Sunmori, Wali Kota Eri menjelaskan, bahwa acara pagi ini merupakan serangkaian acara yang digelar oleh Komunitas Tangan Di Atas (TDA) dan kali ini bekerja sama dengan para komunitas vespa. Acara TDA itu sudah digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya dan kali ini puncaknya ditutup dengan Sunmori.

"Jadi, kami di sini sekarang mengenalkan Kota Surabaya, mengenalkan keguyuban Surabaya, mengenalkan ciri khas warga Kota Surabaya. Saya berharap kepada mereka bisa terkenang dan mereka bisa kembali lagi ke Surabaya karena kangen dengan rasa guyub rukunnya warga Kota Surabaya," ujarnya.

Baca juga: Ratusan anggota komunitas vespa ikuti Aceh Vespa Festival 2022

Baginya, pengenalan-pengenalan Kota Surabaya semacam ini sangat dibutuhkan bagi warga yang berasal dari luar Kota Surabaya, terutama bagaimana warga menyambut mereka.

"Jadi, silahkan datang ke Surabaya dan rasakan nyamannya dan senangnya berada di Surabaya, yang pasti juga mereka harus terkenang dengan Kota Surabaya," ucap Cak Eri panggilan lekatnya.

Baca juga: Atta Halilintar, Vespa klasik dan makna komunitas

Oleh karena itu, Cak Eri menegaskan, ke depannya akan terus mengenalkan Surabaya dengan berbagai komunitas. Jika tahun lalu sudah ada komunitas sepeda yang ikut memeriahkan Hari jadi Kota Surabaya (HJKS), maka tahun ini ada komunitas vespa dari berbagai daerah di Indonesia yang turut memeriahkan HJKS ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Wirausaha, Malik Atmadja, menjelaskan, bahwa Sunmori ini adalah serangkaian dari acara Pesta Wirausaha yang digelar sejak beberapa hari lalu di Alun-Alun Surabaya. Tentunya, berbagai acara yang digelar itu untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730.

"Untuk Sunmori ini ternyata pesertanya sangat luar biasa, ada sekitar 2 ribuan yang ikut dalam acara ini. Mereka berasal dari Surabaya dan luar Surabaya, ada pula yang sampai dari Makasar datang ke Surabaya," katanya.

Baca juga: Vespa World Days pererat komunitas & dorong ekonomi lokal

Ia juga memastikan, acara Sunmori bersama Komunitas Vespa ini baru pertama kali digelar khusus untuk menyambut dan memeriahkan HJKS. Tentunya, ke depan ia berharap acara serupa bisa terus digelar di Kota Pahlawan.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023