Pemerintah Sulbar membantu kelompok petani desa Bunde berupa Combine Harvester yang merupakan alat pertanian untuk kombinasi tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi
Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) membantu alat pertanian untuk meningkatkan produksi pertanian petani di Desa Bunde Kecamatan Sampaga Kabupaten Mamuju.

"Pemerintah Sulbar membantu kelompok petani desa Bunde berupa Combine Harvester yang merupakan alat pertanian untuk kombinasi tiga operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi," kata penjabat Gubernur Sulbar, Akmal Malik di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, bantuan itu diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil panen padi di Desa Bonde dan meningkatkan produksi padi di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulbar.

Produktivitas padi di Kabupaten Mamuju, mencapai 6,5 ton per hektare sedangkan produksi padi di Kabupaten Mamuju mencapai 80.107 ton dengan luas areal pertanian padi mencapai 20.519 hektare.

Ia mengatakan, hasil produksi pertanian petani padi di Mamuju harus terus ditingkatkan agar dapat dijual sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan.

"Kalau produksi dapat meningkat maka beras hasil pertanian petani, tidak hanya dikonsumsi saja namun dapat dijual agar petani dapat sejahtera," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Sulbar juga akan bekerjasama dengan pemerintah desa Bunde untuk terus dapat membantu dalam mengelola hasil padi petani agar terus meningkat.

"Ketika produksi melimpah harus kita bangun gudang untuk menampung beras dan pemerintah akan membantu petani untuk membangunnya apalagi beras kebutuhan pokok yang memiliki nilai jual tinggi," katanya

Ia mengatakan, Sulbar berpeluang mendapatkan anggaran dari pemerintah pusat untuk membangun pertanian padinya sehingga kebersamaan pemerintah dan petani harus terus dibangun dalam membangun pertanian padi di Sulbar.

Baca juga: Petani di Mamuju-Sulbar dapat bantuan senilai Rp20 miliar

Baca juga: Mentan minta Sulbar siapkan 10.000 hektare lahan pertanian

Baca juga: Petani Sulbar membutuhkan alat pertanian

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023