Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Luar Negeri, dan Sekretariat Negara telah melakukan verifikasi terhadap 253 orang jurnalis dari 131 media, menjelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-42 ASEAN.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kememkominfo Usman Kansong menyatakan verifikasi itu masih terus berlangsung terhadap semua jurnalis yang telah mendaftar untuk meliput rangkaian KTT ke-42 ASEAN Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

“Ada 74 jurnalis dari media asing di Indonesia, 45 orang jurnalis dari media internasional dan 134 orang jurnalis media nasional,” sebut Usman dalam rilis pers, Sabtu (6/5).

Baca juga: Pertemuan pejabat senior hari ini awali KTT ASEAN di Labuan Bajo

Berdasarkan kategori media, saat ini sudah ada 364 media asing, nasional dan lokal yang terverifikasi. Usman mengatakan data ini akan diperbarui secara berkala setiap harinya seiring dengan proses verifikasi dari Panitia Keketuaan ASEAN 2023.

Pendaftaran jurnalis peliput KTT ke-42 ASEAN telah berlangsung dari tanggal 3-26 April 2023. Usman menyebut hanya jurnalis terakreditasi yang diizinkan melakukan pelaporan dan wawancara pada KTT ASEAN ke-42.

“Pendaftaran di tempat tidak akan tersedia,” kata dia.

Pengambilan ID jurnalis peliput dapat dilakukan di Hotel Bintang Flores dari tanggal 6-9 Mei 2023. Proses pengambilan, kata dia, bisa dilakukan oleh jurnalis bersangkutan atau perwakilan dengan menunjukkan surat konfirmasi akreditasi dan foto ID.

“Mulai pukul 09.00 hingga 17.00 WITA ada tim kami yang akan melayani jurnalis untuk pengambilan identitas,” jelas dia.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau gladi KTT ke-42 ASEAN

Guna mendukung kerja jurnalis, pemerintah telah menyiapkan pusat media yang berlokasi di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo. Terdapat tiga ruangan dengan kapasitas yang bisa menampung sebanyak 340 pekerja media.

Selain itu, tersedia tujuh unit stan yang bisa digunakan media penyiaran yang meliput secara langsung. Ada pula ruang konferensi pers yang bisa menampung hingga 200 orang jurnalis dengan fasilitas raiser untuk jurnalis foto dan kameraman.

Para jurnalis juga bisa memanfaatkan ruang medis untuk kebutuhan pelayanan kesehatan serta ruang makan berkapasitas 144 kursi yang dilengkapi dengan WiFi dan ethernet.

Turut disiapkan stan dengan backwall untuk kerja jurnalis yang dibangun di beberapa titik berlatar belakang pantai, hotel dan taman. Sementara awak redaksi bersama pengelola komunikasi publik KTT ke-42 ASEAN 2023 berada di lantai 6 Hotel Bintang Flores.

Baca juga: Kemkominfo: Pendaftaran media peliput KTT ASEAN mulai 1 April
 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023