... seorang buronan, dia telah melarikan diri sejak 2005 dan berpindah-pindah tempat dari Suriah, Dallas dan Moskow... "
Canberra (ANTARA News) - Seorang buronan internasional dan rekan penjual senjata api Victor Bout asal Rusia tertangkap di Australia, kata otoritas keamanan setempat, Jumat.

Richard Ammar Chichakli (53 tahun), muncul di persidangan bagian selatan Melbourne, Kamis, setelah menjalani pemeriksaan polisi dan aparat keamanan.

"Dia menjalani sejumlah pemeriksaan," kata polisi negara bagian Victoria, seturut Reuters.

Chichakli seorang akuntan berkewarganegaraan Suriah dan Amerika Serikat masuk ke Australia menggunakan identitas palsu dan memiliki hubungan dekat dengan agen senjata Bout "Pedagang Kematian".

Dia menyangkal tuduhan melakukan pencucian uang, penipuan dan pelaku jual beli senjata.

Sebagai seorang buronan, dia telah melarikan diri sejak 2005 dan berpindah-pindah tempat dari Suriah, Dallas dan Moskow. Otoritas Amerika Serikat mendakwa dia bersalah karena melakukan jual beli dengan penjual senjata bernama Bout.

Dia mendistribusikan senjata dari orang penting Liberia Charles Taylor yang dipenjara selama 50 tahun karena kejahatan kemanusiaan dalam keterlibatannya di rezim Sudan, Libya dan Angola.

Bout, mantan militer Uni Sovyet ditangkap di Thailand pada 2008 dan diekstradisi ke AS pada 2010.

Dia dipenjara pada April untuk kurungan 25 tahun setelah dinyatakan bersalah berkomplot menjual senjata kepada militan Angkatan Bersenjata Revolusi Kolombia yang berseberangan dengan Amerika Serikat terutama Badan Narkotika AS.

(A061/H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013