Ada kabar gembira dari Pemprov Jambi yang memiliki Program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) bagi masyarakat yang ingin membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan
Jambi (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menyiapkan program untuk masyarakat yang hendak membuka lahan tanpa harus membakar dan menyediakan  bibit tanaman sesuai dengan permintaan masyarakat, guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun ini.

"Ada kabar gembira dari Pemprov Jambi yang memiliki Program Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) bagi masyarakat yang ingin membuka lahan untuk pertanian dan perkebunan," kata Gubernur Jambi Al Haris, di Jambi, Senin.

Gubernur Al Haris mengatakan program PLTB memberikandana untuk land clearing atau pembersihan lahan sesuai yang diajukan masyarakat dan pemerintah telah menyiapkan dana sesuai berapa luas lahan yang akan diusulkan kepada Pemprov Jambi.

Al Haris menyampaikan Program PLTB nantinya juga ada bantuan bibit dan pupuk untuk masyarakat yang akan membuka lahan. Untuk itu masyarakat diminta membuat kelompok tani, kemudian ajukan kepada Pemprov Jambi.

Baca juga: BMKG: Riau, Jambi, dan Sumatera Utara mengalami dua kali musim kemarau

Sementara itu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Agusrizal menyampaikan untuk Program PLTB pada 2023 ini pihaknya menyediakan dana untuk luas lahan 396 hektare dimana setiap petani hanya bisa mengajukan dua hektare. 

"Buat kelompok tani minimal 10 orang per kelompok, paling tidak diajukan di atas 10 hektare biar makin mudah," katanya.

Untuk anggaran yang disediakan pada Program PLTB ini, pihaknya menganggarkan sekitar Rp200 juta untuk 20 hektare lahan. Adapun syarat mengajukan Program PLTB, kata dia, lahan tidak masuk dalam kawasan hutan. Tim dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi akan mengukur serta mengecek terlebih dahulu titik koordinat lahan di lapangan.

Kemudian mengenai surat-menyurat lahannya boleh dalam bentuk Surat Hak Milik (SHM) atau sporadik. Jadi, lanjutnya, punya tanah tidak mampu membangun sendiri sehingga dibantu pemerintah. Program PLTB ini, selain land clearing, kara dia, juga memberikan bibit dan pupuk untuk para petani.

"Untuk benih bibit nanti tergantung masyarakat, Pemprov Jambi menyediakan bibit ada sawit, karet, dan kayu manis, sesuai wilayah kecocokannya," kata Agusrizal.

Baca juga: BRIN berhasil modifikasi cuaca cegah karhutla di Jambi dan Sumsel





 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023