Sekitar 8.000 siswa terdiri atasi siswa SD dan SMP di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur dan Warungkondang, masih menjalani proses belajar mengajar di dalam tenda karena masih menunggu proses perbaikan yang dilakukan Kementerian PUPR
Cianjur, Jabar (ANTARA) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat sekurangnya 136 sekolah yang rusak akibat gempa Cianjur sudah mendapat perbaikan dari Kementerian PUPR, sedangkan sisanya masih menunggu.

Kepala Disdikparpora Cianjur, Akib Ibrahim di Cianjur Senin, mengatakan ribuan siswa dari 70 sekolah terdampak yang belum mendapat bantuan, hingga saat ini masih menjalani proses belajar mengajar di dalam tenda atau dalam jaringan (daring).

"Sekitar 8.000 siswa terdiri atasi siswa SD dan SMP di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur dan Warungkondang, masih menjalani proses belajar mengajar di dalam tenda karena masih menunggu proses perbaikan yang dilakukan Kementerian PUPR," katanya.

Ia menjelaskan, untuk 136 sekolah yang sudah mendapat bantuan tahap I dan II, merupakan sekolah SD dan SMP di empat kecamatan yang sama, sebagian besar mengalami rusak berat dan beberapa diantaranya rata dengan tanah setelah diguncang gempa 5.6 magnitudo.

Pembangunan kembali sekolah yang rusak akibat gempa, kata dia, dilakukan secara bertahap sehingga puluhan sekolah yang rusak sedang dan ringan masih menunggu giliran. Selama proses menunggu pihak sekolah terpaksa melakukan proses belajar mengajar di dalam tenda.

"Beberapa sekolah yang rusak dan belum diperbaiki ada yang masih dapat digunakan untuk kegiatan belajar karena rusak ringan dinilai tidak berbahaya untuk kegiatan belajar," katanya.

Pihaknya menargetkan seluruh sekolah sudah selesai diperbaiki dan ruangan kelas dapat digunakan seluruhnya pada tahun ajaran baru 2023, termasuk menyediakan meja dan kursi untuk sekolah yang sudah selesai dibangun.

"Kebutuhan meja dan kursi untuk 130 ruang kelas sudah tersedia bantuan dari berbagai kalangan, kalau kurang pihak dinas akan kembali mengajukan bantuan, saat tahun ajaran baru siswa sudah dapat kembali ke sekolah dengan fasilitas serba baru," demikian Akib Ibrahim.

Baca juga: Seratusan siswa terdampak gempa CIanjur dapat bantuan alat sekolah

Baca juga: Kementerian PUPR perbaiki 164 bangunan sekolah di Cianjur

Baca juga: PMI DIY bantu renovasi sekolah dan masjid di Cianjur

Baca juga: SICT ILUNI FTUI dirikan sekolah darurat terdampak gempa di Cianjur



 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023