Lembaga jasa keuangan (LJK) di Aceh berkomitmen kuat untuk selalu hadir dan dapat memenuhi segala kebutuhan layanan keuangan masyarakat Aceh....
Banda Aceh (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Aceh menargetkan pembiayaan di provinsi itu akan tumbuh 10 persen sampai 12 persen  pad 2023 dibanding dengan 2022 yang sebesar Rp34,2 triliun dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi daerah.

“Lembaga jasa keuangan (LJK) di Aceh berkomitmen kuat untuk selalu hadir dan dapat memenuhi segala kebutuhan layanan keuangan masyarakat Aceh, terutama dalam mendukung perekonomian di Aceh,” kata Kepala OJK Aceh Yusri di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan untuk meningkatkan pembiayaan tersebut maka perlu dukungan perbaikan dan inovasi layanan serta produk yang telah dilakukan oleh LJK di Aceh.

Baca juga: OJK sebut 23 fintech lending miliki TWP90 di atas 5 persen

Kepala OJK Provinsi Aceh Yusri mengatakan pihaknya senantiasa mendukung Pemerintah dan mendorong LJK di Aceh untuk bersama-sama membangun ekonomi Aceh.

Ia menyebutkan setelah lembaga keuangan konvensional tidak melakukan aktivitas terdapat tujuh Bank Umum Syariah (BUS) dan enam Unit Usaha Syariah (UUS), 15 BPR/S yang memberikan layanan perbankan di Aceh, serta lima Kantor Fungsional (KF) Bank Umum Konvensional (BUK) yang masih memberikan layanan namun terbatas untuk penyelesaian kewajiban nasabah saja.

Baca juga: Pertumbuhan pembiayaan disalurkan bank di Kaltara tumbuh 9,50 persen

Ia mengatakan jumlah ATM perbankan yang mencapai 1.146 unit sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah/masyarakat, termasuk dengan perusahaan IKNB di Aceh sebanyak 56 entitas, terdiri dari leasing, asuransi, Pegadaian, BPJS, LKMS, dana pensiun, perusahaan modal ventura, perusahaan penjaminan, hingga PNM. Selanjutnya, terdapat 9 perusahaan sekuritas dan Galeri Investasi yang melakukan aktivitas di sektor pasar modal.

Ia menambahkan saat ini produk dan layanan LJK syariah di Aceh sudah sama lembaga keuangan konvensional yang sebelumnya pernah beroperasi di Aceh dan pihaknya berkomitmen untuk selalu hadir dan dapat memenuhi segala kebutuhan layanan keuangan masyarakat Aceh dalam mendukung perekonomian di provinsi setempat.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023