Badung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali berkomitmen untuk terus memajukan sektor pariwisata khususnya di wilayah Canggu dan Tibubeneng Badung yang saat ini terus diminati wisatawan dengan tetap menjaga kelestarian alam.

"Kami menegaskan tetap berkomitmen menjaga dan mengembangkan industri wisata Canggu dan Tibubeneng dengan tetap mengendalikan alih fungsi lahan, agar harmonisasi alam, masyarakat dan budaya tetap lestari, di tengah masifnya gempuran investor yang ingin membuka usaha," ujar Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan pengembangan industri pariwisata di Desa Tibubeneng akan diupayakan tetap mengedepankan konsep Desa Wisata.

Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa langsung mendapatkan keuntungan dari kegiatan kepariwisataan yang ada di wilayahnya.

"Ke depannya kami juga akan membantu masyarakat yang ada di wilayah itu untuk membuat homestay di rumahnya masing-masing karena kami ingin masyarakat Canggu dan Tibubeneng menjadi tuan di rumah sendiri," kata dia.

Baca juga: Pemkab Badung ajak ASN bantu majukan sektor UMKM

Bupati Giri Prasta menjelaskan, saat ini Pemkab Badung juga sedang melakukan simulasi dan menyusun skenario konsep pembangunan infrastruktur lalu lintas secara mendalam sebagai solusi untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di wilayah Canggu, Tibubeneng dan sekitarnya.

"Ini karena untuk opsi pelebaran bahu jalan ke kanan dan kiri maupun pembangunan fly over sudah tidak memungkinkan untuk dilakukan, mengingat lahan yang sangat terbatas," ungkap dia.

Pemerintah Provinsi Bali juga telah memberikan hibah tanah seluas 67 are bagi Desa Adat Tandeg dan Desa Tibubeneng.

Menurut Bupati Giri Prasta, pemberian hibah tanah itu sejalan dengan kebijakan Pemkab Badung dalam membangun infrastruktur di bidang budaya dan pemerintahan untuk mendukung kawasan Tibubeneng menjadi daerah wisata yang berkelanjutan.

"Atas nama Pemerintah Badung dan masyarakat kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur dan Pemerintah Provinsi Bali karena telah menghibahkan aset tanah pemprov untuk perluasan Pura Dalem Desa Adat Tandeg dan untuk Kantor Perbekel serta GOR Desa Tibubeneng," pungkas dia.

Baca juga: Pemkab Badung ajak masyarakat tidak ragu gunakan kendaraan listrik

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023