...membahayakan seluruh jenis kapal..."
Bengkulu (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu mengimbau para nelayan untuk mewaspadai ancaman gelombang laut di barat Bengkulu yang mencapai ketinggian sekitar empat meter.

"Prakiraan ancaman gelombang laut empat meter itu akan membahayakan seluruh jenis kapal nelayan dan angkutan transportasi laut lainnya," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti di Bengkulu, Sabtu.

Ia memprakirakan peringatan dini BMKG atas gelombang laut dengan tinggi antara empat hingga lima meter akan berpeluang di perairan Enggano, barat Lampung, hingga Banten.

Pada prakiraan sementara gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano, rata-rata tinggi 3,5 meter, namun akibat cuaca ekstrem saat ini gelombang di perairan itu berpeluang mencapai lima meter.

Angin di perairan Bengkulu bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan berkisar 05-30 knot, dan angin di perairan Enggano bertiup dari barat hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 07-35 knot.

Angin di barat Bengkulu bertiup dari barat hingga barat laut dengan kecepatan berkisar 08-32 knot, di wilayah itu berpeluang hujan sedang.

Berdasarkan pantauan citra satelit, cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan di sebagian wilayah Sumatra bagian selatan, Sumatera Utara, Nias, Sumatera Barat, Kepulauan Mentawai, Bengkulu, hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari barat hingga timur laut dengan kecepatan 08-55 kilometer per jam, atau 05-30 knot.

Cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya terjadi hujan ringan hingga sedang, terutama di wilayah Mukomuko, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Lebong.

Suhu udara berkisar 21-28 derajat Celcius dan kelembaban antara 75-98 persen. (Z005/M029)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013