bisa mendapatkan benihnya secara gratis dari Dinas KPKP Jakarta Barat
Jakarta (ANTARA) - Kelurahan Kembangan Utara dan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat membentuk kelompok tani (poktan) di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Gajah Tunggal,.

"Dengan adanya poktan tentunya akan memudahkan anggota mendapatkan subsidi dan bantuan dari pemerintah dalam bentuk bibit dan pupuk murah bahkan gratis,"  kata Lurah Kembangan Utara Rudi Hariyanto di Jakarta, Senin. 

Rudi mencontohkan kalau poktan ini ingin menanam bawang atau cabai maka bisa mendapatkan benihnya secara gratis dari Dinas KPKP Jakarta Barat.

Poktan RPTRA Gajah Tunggal yang baru dibentuk ini juga mendapat sebagian dari lahan penataan kawasan seluas 1.800 meter persegi  untuk diolah sebagai lahan pertanian.

Poktan  beranggotakan sepuluh orang itu sedang diproses untuk pembentukan struktur organisasi. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan pembuatan berita acara untuk mendapat sertifikat petani pemula, kata Rudi.

Seperti diketahui pemerintah membagi petani menjadi tiga berdasarkan kemampuannya yakni pemula, madya, dan ahli.

Rudi melanjutkan poktan tersebut juga segera dibuatkan anggaran dasar rumah tangga (AD/RT) seperti layaknya organisasi.

"Kemudian setelah pembentukan struktur, akan digencarkan kegiatan pembinaan. Misalnya tentang manajemen pemasaran, yakni bagaimana produk kelompok tani bisa dijual dan diminati pasar. Semuanya dilakukan bertahap, dan kita sedang menuju ke arah sana," kata Rudi.
Baca juga: Polres Jakbar tangkap polisi gadungan bermodus curi motor di Kembangan
Baca juga: Pemkot Jakbar paling banyak terima usulan penanganan banjir Kembangan
Baca juga: Pemkot Jakbar pasang gabion di lokasi longsor Kembangan

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023