Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,25 persen, menghapus sebagian dari reli 0,9 persen sehari sebelumnya
Tokyo (ANTARA) - Bursa saham Asia melemah kembali dari tertinggi lebih dari dua minggu pada Selasa, karena para pedagang menyesuaikan posisi menjelang laporan inflasi utama AS, sementara data perdagangan China yang suram juga menjaga sentimen risiko tetap terkendali.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang tergelincir 0,25 persen, menghapus sebagian dari reli 0,9 persen sehari sebelumnya. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Jepang ditutup 1,01 lebih tinggi dipimpin oleh lonjakan produsen baja setelah JFE Holdings memperkirakan keuntungan yang lebih tinggi.

Di Hong Kong, indeks acuan Hang Seng berakhir Hong Kong berakhir jatuh 2,21 persen, terbebani oleh kerugian saham teknologi, sementara indeks S&P/ASX 200 Australia ditutup merosot 0,17 persen dan Kospi Korea Selatan kehilangan 0,13 persen.

Indeks saham unggulan China Daratan berbalik lebih rendah setelah kenaikan awal, dengan indeks acuan CSI 300 berakhir 0,86 persen lebih rendah dan indeks Komposit Shanghai ditutup merosot 1,10 persen.

Data perdagangan China yang dirilis pada hari itu menunjukkan penurunan impor yang tak terduga dan pertumbuhan ekspor yang lebih lambat, menggarisbawahi kesulitan yang dihadapi ekonomi terbesar kedua di dunia itu meskipun pembatasan COVID telah dicabut pada Desember.

"Ketika datang ke pasar China, Anda memiliki pertanyaan yang datang dari investor sekarang tentang kekuatan pemulihan," kata Frank Benzimra, kepala strategi ekuitas Asia Societe Generale yang berbasis di Hong Kong, dikutip dari Reuters.

"Jadi, ketika Anda memiliki beberapa data tren yang tidak sebaik yang diharapkan orang, itu menimbulkan keraguan," ujarnya.

Investor sangat fokus pada laporan inflasi konsumen AS pada Rabu (10/5/2023) setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengatakan pekan lalu bahwa keputusan kebijakan akan "didorong oleh data yang masuk," sambil menandakan kemungkinan jeda dalam siklus kenaikan suku bunga.

Pada saat yang sama, laporan gaji yang kuat pada Jumat (5/5/2023) mendorong investor untuk memutar kembali ekspektasi untuk waktu dan ukuran penurunan suku bunga pertama Fed.

Pasar uang saat ini memperkirakan penurunan suku bunga dua perempat poin pada akhir tahun, dengan risiko sepertiga.

Ekonom memperkirakan sedikit moderasi pada angka inflasi inti menjadi 5,5 persen per tahun untuk April, sesuai dengan angka Februari, yang merupakan yang terendah sejak akhir tahun 2021.

"Kejutannya terletak pada sisi negatifnya" untuk data inflasi, khususnya risiko penurunan di bawah 5,0 persen, kata Tony Sycamore, analis pasar di pasar IG.

"Jika kita mendapatkan angka 4,0 persen, saya pikir Anda akan mendapatkan banyak kemeriahan, setidaknya dalam contoh awal," dengan ekuitas AS cenderung didorong kembali ke kisaran teratas baru-baru ini," katanya.

Pada saat yang sama, Sycamore memperingatkan agar tidak menjadi terlalu optimis di sektor perbankan AS, setelah suasana pasar terangkat oleh survei pemberi pinjaman Fed yang menyiratkan tidak ada krisis kredit yang akan segera terjadi.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan semalam bahwa regulator siap untuk memobilisasi alat yang sama yang digunakan dalam penyelamatan bank baru-baru ini jika perlu.

"Sepertinya mereka mencoba memadamkan api untuk saat ini, tetapi apakah mereka telah berhasil memadamkan sepenuhnya apa yang sedang terjadi, sejujurnya saya tidak berpikir itu akan terjadi," kata Sycamore.

Kebuntuan plafon utang memberi alasan lain untuk berhati-hati, dengan peringatan Yellen bahwa kegagalan untuk mengangkat batas utang akan menyebabkan pukulan besar bagi ekonomi AS dan melemahkan dolar sebagai mata uang cadangan dunia.

Baca juga: Saham China dibuka bevariasi, indeks Shanghai menguat 0,22 persen
Baca juga: IHSG Selasa dibuka stagnan di level 6.769,63
Baca juga: Saham Jerman berbalik melemah, indeks DAX 40 tergerus 0,05 persen

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023