Perlambatan signifikan dalam ekspor menegaskan skeptisisme kami tentang keberlanjutan rebound ekspor
Shanghai (ANTARA) - Saham China dan Hong Kong turun pada akhir perdagangan Selasa, karena sentimen investor melemah setelah data perdagangan menunjukkan permintaan domestik yang lemah, sementara reli saham keuangan di sesi pagi berkurang di akhir perdagangan.

Indeks saham-saham unggulan China CSI 300 ditutup melemah 0,9 persen, sedangkan Indeks Komposit Shanghai merosot 1,1 persen.

Indeks acuan Hang Seng Hong Kong berakhir 2,1 persen lebih rendah, sementara Indeks China Enterprises anjlok 2,4 persen, keduanya mencatat kinerja harian terburuk dalam hampir dua bulan.

Baca juga: Saham Asia melemah jelang data inflasi AS dan data China yang suram

Impor China berkontraksi tajam pada April, sementara ekspor tumbuh pada kecepatan yang lebih lambat, memperkuat tanda-tanda lemahnya permintaan domestik meskipun pembatasan COVID-19 dicabut dan menambah tekanan pada ekonomi yang sudah berjuang menghadapi pertumbuhan global yang melambat.

Analis UBS menulis dalam sebuah catatan bahwa data impor turun lebih besar dari yang diperkirakan, menunjukkan permintaan domestik tetap lemah meskipun ada dukungan kebijakan.

Iris Pang, Kepala Ekonom China di ING, mengatakan lemahnya data impor membayangi pertumbuhan ekspor yang positif pada April.

"Namun, pertumbuhan positif dalam ekspor, terutama disebabkan oleh dasar yang rendah dari penguncian COVID-19 tahun lalu," katanya.

"Perlambatan signifikan dalam ekspor menegaskan skeptisisme kami tentang keberlanjutan rebound ekspor," kata analis di Barclays, menambahkan bahwa mereka memperkirakan ekspor akan terus melemah dalam beberapa bulan mendatang.

Saham keuangan, yang memimpin kenaikan di sesi pagi dan beberapa hari terakhir, kehilangan momentum di akhir perdagangan. Ping An Insurance Group Co ofi China Ltd kehilangan 2,6 persen.

Sementara itu, China International Capital Corp Ltd melonjak 10 persen, mencapai batas atas harian, sementara China Galaxy Securities Co Ltd naik 9,3 persen.

Di Hong Kong, saham teknologi anjlok 3,0 persen dengan Tencent, Alibaba, dan Meituan masing-masing terpangkas 3,6 persen, 3,1 persen, dan 2,9 persen.

Baca juga: Saham China dibuka bevariasi, indeks Shanghai menguat 0,22 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023