Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta komitmen pemerintah pusat untuk memberikan atensi perbaikan maupun kebutuhan jalan layak di daerah pelosok guna mendukung kemajuan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

"Khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang membidangi urusan infrastruktur untuk memberi atensi khusus terhadap persoalan perbaikan dan kebutuhan jalan yang layak di daerah-daerah pelosok," kata Bamsoet dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan Bamsoet menanggapi kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Provinsi Lampung untuk meninjau infrastruktur jalan yang rusak pada Jumat (5/5).

Dia menyebut mendukung langkah Presiden Jokowi yang memberi perhatian pada buruknya infrastruktur jalanan di Provinsi Lampung.

Namun, kata dia, MPR RI berharap pemerintah  memberikan atensi serupa ke daerah lain yang pembangunannya tidak merata.

"Mengingat masih banyak daerah lain yang infrastruktur jalanannya rusak dan pemda tidak punya dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) untuk memperbaikinya," ujarnya.

Untuk itu, dia meminta Kementerian PUPR beserta jajarannya bersinergi dengan pemerintah daerah untuk dapat memetakan daerah dengan infrastruktur jalan yang rusak ringan hingga parah.

Dengan demikian, lanjut dia, dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pemerintah pusat untuk memberikan atensi yang sama dalam memperbaiki jalan-jalan yang rusak.

"Selain dapat dijadikan bahan evaluasi oleh pemerintah daerah setempat," imbuhnya.

Sebelumnya, Jumat (5/5), Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa jalan rusak di Provinsi Lampung akan diambil alih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat jika pemerintah provinsi maupun kabupaten tidak memiliki kemampuan anggaran untuk memperbaikinya.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi seusai mengunjungi Pasar Tradisional Natar, Lampung Selatan, Jumat (5/5).

Baca juga: Jokowi sengaja ubah rute agar tahu kondisi riil ruas jalan Lampung
Baca juga: Gubernur Lampung: Perbaikan jalan rusak berkolaborasi dengan pusat


"Yang kiranya provinsi tidak memiliki kemampuan, kemudian kabupaten tidak memiliki kemampuan, ya akan diambil alih oleh Kementerian PU, utamanya yang jalannya rusak parah," kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers melalui tayangan yang diunggah akun YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (5/5).

Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke beberapa titik jalan rusak di Kabupaten Lampung Tengah mengatakan akan memberikan dana Rp800 miliar untuk perbaikan jalan di daerah tersebut.

"Saat ini semangat kita adalah ingin memperbaiki jalan-jalan yang rusak dan kita lalui bersama, baik jalan kabupaten, provinsi, kota yang rusak parah," ujar Joko Widodo dalam kunjungannya di Jalan Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (5/5).

Ia mengatakan tahun ini pemerintah pusat khusus memberikan dana untuk perbaikan jalan di Provinsi Lampung sebanyak Rp800 miliar.

"Jadi khusus untuk Lampung kurang lebih untuk perbaikan 15 ruas jalan, termasuk ini akan diberikan Rp800 miliar," katanya.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023