Jakarta (ANTARA) - Fakultas Psikologi Universitas Pancasila menjalin kerja sama dengan Penerbit Erlangga untuk memfasilitasi seluruh dosen Universitas Pancasila menjadi penulis buku Erlangga.

"Banyak sekali manfaatnya, nanti selain untuk nilai poin ke jenjang kepangkatan, dan dari aspek finansial juga akan mendapatkan benefit ekonomi," kata Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Dr Silverius Y. Soeharso usai penandatanganan MoU dengan Penerbit Erlangga di Aula Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Jakarta, Selasa.

Menurut dia, cuma sedikit sekali para dosen yang juga menjadikan menulis buku sebagai salah satu mata pencaharian baru saat ini.

Dikatakannya, Psikologi UP fokus pada psikologi bisnis maka setiap dosen harus memiliki jiwa bisnis dalam pengertian bagaimana buku itu bisa laku dijual di pasar jadi tidak hanya sekedar menulis kemudian selesai dan tidak ada yang baca sehingga hanya masuk ke perpustakaan.

Baca juga: Universitas Pancasila menggelar ATRA Tourism Forum ke-12

Baca juga: Menparekraf mendorong kembangkan pariwisata inklusif dan berkelanjutan


Namun, bagaimana buku itu bisa dibuat dan laku di pasaran sehingga menghasilkan tambahan nilai ekonomi bagi para dosen.

Silverius menjelaskan dirinya sudah aktif menulis buku dengan menghasilkan 13 buku, namun bukan diterbitkan oleh Erlangga.

"Jadi intinya sebagian sudah ada yang menjadi penulis dan ada juga yang baru mulai," katanya.

Saat ini dirinya sudah menyiapkan tulisan untuk yang ke-14 tentang Psikologi Politik yang akan membahas perilaku kita dalam memilih mengapa politik kita cenderung transaksional.

Sedangkan buku ke-15 membahas tentang Psikologi Korupsi dimana korupsi datangnya dari sekolah atau pendidikan seperti mencontek atau masuk sekolah dengan sogok sana sogok sini .

Silverius menjelaskan dengan adanya kerja sama ini maka nantinya para dosen akan dilatih bagaimana cara menulis buku yang tepat ringkas.

Sementara itu Kacab Retail Penerbit Erlangga DKI Jakarta Dian Ashuri Latif mengatakan pelatihan penulisan buku ini langsung diberikan oleh Chief Editor Penerbit Erlangga.

Selain itu dengan kerja sama ini maka pihaknya menerima magang mahasiswa dari berbagai jurusan kampus UP dan kunjungan industri ke perusahaan Penerbit Erlangga serta kegiatan seminar bersama.

"Nanti ketika mahasiswa UP setelah magang maka dapat diakui dengan nilai SKS," katanya.*

Baca juga: BPIP sosialisasikan nilai Pancasila melalui musik di Unram

Baca juga: Siswono: Universitas Pancasila bangun kurikulum dan dosen yang bermutu

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023