Kami berharap para pelajar memahami dan mengetahui tata tertib berlalu lintas
Tarakan, Kaltara (ANTARA) - Unit Keamanan Keselamatan Berlalu Lintas (Kamsel) Satuan Lalu Lintas Polres Tarakan melakukan sosialisasi dan imbauan tertib berlalu lintas kepada siswa SMK Kesehatan Kalimantan Utara (Kaltara).

"Kami berharap para pelajar memahami dan mengetahui tata tertib berlalu lintas, sehingga dengan para pelajar dalam berkendara selalu mematuhi aturan berlalu lintas," kata Kanit Kamsel Satlantas Polres Tarakan Ipda Luvy Purnawan di Aula SMK Kesehatan Kaltara Kota Tarakan, Selasa.

Selain itu, bila berkendara mengutamakan keselamatan maka keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas yang aman dan lancar di wilayah kota Tarakan dapat terwujud.

Kegiatan sosialisasi dan imbauan tertib berlalu lintas untuk para siswa SMK Kesehatan Kaltara
merupakan program Polres Tarakan dalam rangka mengenalkan peraturan tata tertib berlalu lintas yang mengacu pada Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Baca juga: Polres Tarakan tangkap dua kepala cabang PT Pos Indonesia di Kaltara

Luvy juga menyampaikan kepada para pelajar bahwa pentingnya mengetahui bagaimana standar keselamatan berlalu lintas sejak usia dini.

“Kami dari Satuan Lantas Polres Tarakan mengimbau kepada pelajar, untuk menumbuhkan kesadaran berlalu lintas sejak dini, mengenai tata tertib berlalu lintas," katanya.

Di antaranya dalam berkendaraan agar tidak menggunakan knalpot bising, tidak menggunakan telepon genggam saat berkendaraan, menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan tidak membonceng lebih dari satu orang serta tidak ugal-ugalan.

"Apabila belum berumur 17 tahun tidak boleh membawa kendaraan sendiri karena syarat untuk bisa menggunakan kendaraan harus memiliki Surat Izin Mengemudi dengan usia minimal 17 tahun," kata Kanit Kamsel.

Baca juga: Personel Polda Kaltara tangkap tiga terduga pengedar sabu

Baca juga: Polres Bulungan resmi naik status jadi Polresta

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023