Singapura (ANTARA) - Saham Asia melemah pada awal perdagangan Rabu pagi, sementara dolar menguat menjelang data harga konsumen AS yang dapat merusak harapan penurunan suku bunga akhir tahun ini jika inflasi gagal menunjukkan banyak penurunan.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang yang telah jatuh pada Selasa (9/5/2023) dan turun 0,3 persen lebih lanjut pada Rabu pagi. Sementara itu, indeks Nikkei Jepang merosot 0,4 persen dan indeks acuan S&P/ASX 200 Australia terpangkas 0,1 persen.

Di China dan Hong Kong, angka impor April yang lemah menahan saham untuk sesi kedua berturut-turut, karena investor khawatir, rebound pembukaan kembali memudar menjadi pemulihan yang tidak merata.

Indeks saham unggulan CSI 300 dibuka tergelincir 0,8 persen dan indeks Komposit Shanghai jatuh 0,9 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 0,4 persen.

Semalam S&P 500 turun 0,5 persen dan S&P 500 berjangka stabil pada pagi Asia. Dolar AS yang kuat mendorong euro kembali di bawah 1,10 dolar menjadi 1,0971 dolar.

Data harga konsumen AS April akan dirilis pada pukul 12.30 GMT dan para ekonom memperkirakan IHK utama akan tetap stabil pada 5,0 persen secara tahunan dan IHK inti menjadi sedikit moderat menjadi 5,5 persen, meskipun apa pun yang lebih kuat dapat mengacaukan taruhan suku bunga akan turun.

"Itulah hal yang akan dihilangkan jika angka IHK berada di sisi yang lebih tinggi," kata ekonom ING Rob Carnell.

"Tampaknya tidak masuk akal jika inflasi turun pada tingkat yang terlalu lambat dan itu bisa masuk ke imbal hasil obligasi pemerintah jangka panjang yang lebih tinggi juga."

Surat utang pemerintah secara luas stabil dalam semalam, meskipun ambang batas utang membelokkan pasar obligasi karena investor menghindari tagihan yang jatuh tempo di awal Juni.

Permintaan pada lelang tiga tahun sangat kuat, dengan rasio bid-to-cover 2,93 - tertinggi sejak 2018 menurut analis di pasar NatWest.

Imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun bertahan di 3,507 persen di Asia. Imbal hasil dua tahun berada di 4,018 persen.

Presiden Joe Biden dan anggota parlemen tertinggi gagal memecahkan kebuntuan dalam menaikkan batas utang AS sebesar 31,4 triliun dolar AS, tetapi berjanji untuk bertemu lagi hanya beberapa minggu sebelum negara itu mungkin dipaksa ke dalam gagal bayar yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ironisnya, ketidakpastian mendorong permintaan obligasi, namun surat utang negara yang jatuh tempo pada awal Juni tidak disukai dan memberikan imbal hasil 5,6 persen - tertinggi dalam beberapa dekade dan di atas suku bunga dana Fed.

Pasar valuta asing telah bergerak di kisaran sempit karena pasar menimbang retorika pembuat kebijakan terhadap keyakinan pedagang bahwa suku bunga AS, dan dolar, akan turun.

Anggota dewan Bank Sentral Eropa Isabel Schnabel mengatakan pada Selasa (9/5/2023) ekspektasi untuk penurunan suku bunga salah tempat, tetapi itu tidak memberi euro banyak dorongan terhadap dolar, karena para pedagang enggan untuk menjual terlalu keras menjelang data IHK.

Mata uang bersama disematkan di bawah 1,10 dolar pada Rabu. Dolar juga menguat di 135,14 yen dan sedikit terangkat dari posisi terendah baru-baru ini di Aussie, kiwi, dan sterling.

"Dolar mungkin menerima dorongan sementara setelah IHK," kata ahli strategi Commonwealth Bank of Australia Joe Capurso.

"Tapi drama plafon utang, dan fokus pelaku pasar pada penurunan suku bunga tidak mungkin banyak berubah dari satu laporan IHK. Mungkin diperlukan hasil yang kuat... untuk mendorong dolar secara material."

Baca juga: Wall St turun, fokus bergeser ke pembahasan pagu utang dan inflasi
Baca juga: IHSG Rabu dibuka naik 0,42 poin
Baca juga: Dolar turun di Asia karena krisis plafon utang AS belum terselesaikan


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023