IEC 2013 harus bisa memancing ide kreatif mahasiswa yang berjiwa bisnis lebih banyak lagi. Pada penyelenggaraan sebelumnya 2011, terdapat 670 proposal bisnis yang ikut serta dalam ajang ini,"
Jakarta (ANTARA News ) - Kompetisi ITB Enterpreneurship Challenge (IEC) 2013 yang memperlombakan ide bisnis kewirausahaan dari kalangan mahasiswa se-Indonesia menargetkan peningkatan peserta dengan 800 proposal bisnis.

"IEC 2013 harus bisa memancing ide kreatif mahasiswa yang berjiwa bisnis lebih banyak lagi. Pada penyelenggaraan sebelumnya 2011, terdapat 670 proposal bisnis yang ikut serta dalam ajang ini," kata Presiden IEC 2013 Kevin Giarto dalam jumpa pers-nya di Pusat Kebudayaan "At America", Pacific Place Mall, Jakarta, Senin malam.

Menurutnya mahasiswa memegang peranan besar untuk masa depan bangsa yang sudah sepantasnya menunjukkan kontribusinya dalam dunia wirausaha.

Kevin berharap IEC mampu meicu ikon baru penggerak ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Harapan ke depan adalah terdapat peningkatan wiraswasta di Indonesia. Penduduk Indonesia berjumlah lebih dari 240 juta tapi yang menjadi wiraswasta hanya 0,18 persen saja. Perbandingannya sangat jauh bila disejajarkan dengan negara jiran Malaysia yang dihuni hampir 30 juta orang dengan 2,1 persennya adalah pebisnis," katanya.

Amerika Serikat berpenduduk 300 juta lebih, sejumlah 11,5 persennya adalah wiraswasta dan Korea Selatan sekitar berpenghuni 50 juta, 4 persen penduduknya insan enterpreneur.

Salah satu peserta IEC edisi sebelumnya mengakui usaha rintisannya menjadi terpublikasi kepada masyarakat Indonesia setelah turut serta pada IEC 2011.

"Saya dan teman-teman saya mengikuti IEC memiliki tujuan awal agar usaha foto dan video udara kami bisa diketahui publik lantaran acara ini disiarkan salah satu televisi nasional," kata lulusan UGM Yogyakarta Dendi Pratama, salah satu anggota "Capung Aerial Photo & Video".

Unit usaha yang dia jalankan bersama teman-temannya itu kini kebanjiran order dari berbagai pihak terutama stasiun televisi dan perusahaan swasta yang membutuhkan pencitraan udara dalam bentuk foto dan video.

Duta Besar AS untuk Indonesia Scot Marciel memberikan dukungannya untuk IEC 2013.

"Kewirausahaan adalah penting untuk menciptakan peluang dan lapangan pekerjaan. Tidak hanya menciptakan pembangunan ekonomi tapi juga enterpreneurship memberdayakan masyatrakat untuk membentuk masa depan mereka sendiri," kata dia.

IEC2013 mebuka pendaftaran untuk dua kategori yaitu "Idea Canvas" dan "Start Up".

Kategori pertama merupakan kompetisi ide bisnis antarmahasiswa, sedangkan "Start Up" adalah lomba bagi mahasiswa yang telah memiliki bisnis berumur antara enam bulan sampai tiga tahun.

(A061/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013