ini merupakan langkah Pemkot Pekanbaru untuk menekan prevalensi stunting
Pekanbaru, (ANTARA) - Sebanyak 115 pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau terlibat dalam program bapak atau asuh anak stunting (BAAS) selama enam bulan untuk menurunkan angka prevalensi stunting di daerah setempat.

Salah satu pejabat tersebut, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Pekanbaru, Mardiansyah  memberikan bantuan kepada anak asuh stunting di Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail, Rabu.

Adapun bantuan yang diberikan yakni susu anak 400 gram sebanyak 96 kotak, 120 kilogram beras, dan telur. Selain memberikan bantuan nutrisi, pihaknya juga memberikan edukasi terkait prevalensi stunting.

"Alhamdulillah, kami telah memberikan paket bantuan di Kecamatan Sail, Kelurahan Cinta Raja. Bantuan yang diberikan yakni untuk kebutuhan sebulan, nantinya per 6 bulan dengan total 96 kotak susu anak 400 gram, 120 kg beras, dan telur. Paket bantuan diserahkan langsung kepada warga yang membutuhkan, kami hari ini menyerahkan untuk ananda Hasan dan Husein," kata Mardiansyah.

Dia mengatakan melalui program BALAS ini pihaknya akan memantau terus perkembangan per bulannya. Sesuai harapan Pejabat Walikota tahun 2023 ini agar tujuh kecamatan di Pekanbaru menjadi nol stunting dengan mengerahkan pejabat tinggi pratama sebagai BAAS.

Baca juga: Deputi BKKBN: Kepri miliki bapak asuh stunting terbanyak di Indonesia
Baca juga: Seluruh OPD Payakumbuh jadi bapak asuh anak berpotensi stunting


Selain pejabat, program orangtua asuh ini melibatkan Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Pekanbaru dan juga perusahaan badan usaha milik negara. Dalam penanganan prevalensi, lanjutnya Pemko Pekanbaru juga telah memberikan edukasi tentang pola asuh anak yang baik dan benar di setiap Puskesmas.

"Jadi ini merupakan langkah Pemkot Pekanbaru untuk menekan prevalensi stunting, kita ingin tumbuh kembang anak dapat normal sebagaimana anak-anak lainnya," tandas Mardiansyah.

Pejabat lainnya yang menyalurkan bantuan seperti Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru, Akmal Khairi, didampingi Sekretaris Norpendike Prakarsa. Dia menyalurkan bantuan makanan kepada anak stunting di Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani.

Penerima bantuan diantaranya, Aisyah Putri umur 10 bulan, warga Jalan Cipta Karya Tranjin, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani. Kemudian Arya Mahendra, umur 3 bulan, warga Jalan Eka Tunggal, Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani.

Baca juga: BKKBN: Program BAAS signifikan bantu turunkan stunting
Baca juga: BKKBN minta Aceh gotong royong turunkan stunting lewat BAAS
Baca juga: Kemenko PMK: Program Bapak Asuh berperan cegah stunting

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023