Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum kun bokator Indonesia Sugiono bangga tim kun bokator Indonesia tampil gemilang dalam gelaran SEA Games 2023 Kamboja yang dipertandingkan di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja.

Tim kun bokator Indonesia sukses meraih tiga emas, lima perak, dan tiga belas perunggu dalam kejuaraan olahraga terbesar dua tahunan se-Asia Tenggara tersebut.

Sugiono yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Gerindra MPR RI mengatakan, dirinya bangga terhadap prestasi yang diraih tim kun bokator Indonesia mengingat cabang olahraga tradisional Kamboja tersebut masih sangat awam di Tanah Air.

"Bokator merupakan salah satu dari empat cabang olahraga baru di SEA Games 2023, kita bersyukur para atlet mampu meraih juara," kata Sugiono, dalam keterangan tertulis, Selasa.

“Prestasi membanggakan Indonesia berhasil memperoleh medali tiga emas, lima perak, 13 perunggu dari cabang kun bokator pada sea games 2023 walau olahraga Kun Bokator masih sangat awam di tanah air," lanjutnya.

Baca juga: Ketika "Indonesia Raya" bergema berkat olahraga tradisional Kamboja
Baca juga: Kun bokator borong tiga emas untuk Indonesia di SEA Games 2023


Dalam kesempatan yang sama, Sugiono menambahkan, dalam diplomasi olahraga Kamboja mendukung olahraga pencak silat, sehingga menurutnya Indonesia juga perlu mendukung olahraga tradisional milik Negara Angkor Wat ini.

"Kamboja mendukung Pencak Silat yang berasal dari Indonesia, jadi kita dukung Kun Bokator yang merupakan berasal dari Kamboja,” kata Sugiono.

Lebih lanjut, ia berharap olahraga bela diri tradisional yang dimiliki masing-masing negara Associatiob of Southeast Asian Nations (ASEAN) dapat lebih dikenal dan tentunya lebih berprestasi.

“Kita berharap, dengan ini akan semakin banyak olahraga beladiri asli Asia Tenggara yang dikenal. Sehingga prestasi olahraga khususnya bela diri negara-negara ASEAN bisa sejajar dengan negara-negara Asia lainnya,” tutupnya.

Baca juga: Pelatih nilai Indonesia bisa kembangkan potensi di kun bokator
Baca juga: Pelatih: Mental juara jadi yang terpenting bagi atlet kun bokator
Baca juga: Tim kun bokator putri merasa emosional usai raih emas untuk Indonesia


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023