Yudi saat ini sudah mulai normal karena mental juaranya tinggi dan bisa menerima kenyataannya
Phnom Penh (ANTARA) - Pelatih kun bokator Indonesia Indra Wardhana mengatakan mental juara menjadi amunisi terpenting bagi seorang atlet kun bokator untuk dapat terus maju dan berkembang.

“Semua atlet pasti akan drop mentalnya ketika keinginan yang ingin dikejar, dan target pribadi yang ia taruh tidak tercapai. Di situ lah kita bisa melihat mental juara dan mental pengecut yang akan menyalahkan orang lain,” kata Indra kepada ANTARA di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Senin (8/5) malam.

Hal itu ia sebutkan menyusul insiden nomor tanding (combat) putra kelas 65 kg dibumbui dengan drama saat memperebutkan medali emas pada nomor pertandingan tersebut pada Senin (8/5).

Atlet Yudi Cahyadi yang melawan perwakilan dari Vietnam diputuskan kalah 1-2 dari rivalnya dengan mengejutkan. Meski tampil begitu mendominasi di tiga ronde, rupayanya banyak pukulan Yudi yang dinilai juri tidak masuk poin.

Baca juga: Persaingan sengit warnai final kun bokator SEA Games 2023

Tim Indonesia pun segera melakukan protes secara langsung dan tak lama tim teknis melakukan diskusi dan evaluasi melalui rekaman video. Namun, pada akhirnya, Yudi harus menerima keputusan awal dimana ia menjadi runner-up.

Lebih lanjut, saat disinggung mengenai kondisi Yudi saat ini, Indra mengungkapkan atletnya sudah mampu mengontrol emosi dan kembali pada mentalitas yang baik.

“Yudi saat ini sudah mulai normal karena mental juaranya tinggi dan bisa menerima kenyataannya,” ujar pelatih.

Sementara itu, tim nasional kun bokator Indonesia kemarin telah menyumbangkan tiga medali perak untuk tiga nomor tanding pada SEA Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Perbedaan kultur jadi tantangan ganda putra kun bokator Indonesia

Selain dari Yudi, kedua medali perak didapatkan oleh Ade Permana (Combat 50kg Putra) dan Kamal Mulansyah (Combat 60kg Putra).

Sebelumnya, di hari yang sama, timnas kun bokator memborong tiga emas, satu perak, dan satu perunggu untuk Indonesia di tiga nomor pertandingan SEA Games 2023.

Adapun emas pertama didapatkan di nomor Bare Hand Form Grup Putra dan Putri, serta Duo Group Performance Putra.

Selain medali emas, Indonesia juga meraih medali perak melalui nomor Phkak Form Tunggal Putra, dan medali perunggu pun ikut diraih oleh tim Indonesia untuk nomor Grup Campuran (1 Putri, 2 Putra) Performance.

Baca juga: Kun bokator borong tiga emas untuk Indonesia di SEA Games 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023