Palembang (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Sumatera Selatan memprakirakan seluruh kota di wilayah provinsi yang memiliki 15 kabupaten kota itu berpotensi diguyur hujan ringan dan sedang padahal beberapa hari sebelumnya sejumlah kota mulai ada yang berawan.

"Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca terdapat 13 kota berpotensi hujan ringan, sedangkan dua kota lainnya berpotensi hujan sedang," kata Kasi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Kenten BMKG Sumsel, Indra Purnama di Palembang, Selasa.

Berdasarkan data ke-13 kota berpotensi hujan ringan yakni Palembang, Baturaja, Musi Rawas, Pangkalanbalai, Sekayu, Muara Enim, Lahat, Muaradua, Indralaya, Tebingtinggi, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Prabumulih.

Sedangkan dua kota Sumsel lainnya yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas curah hujan yang tergolong sedang yakni Kota Kota Kayu Agung, dan Martapura, katanya.

Menurutnya, kota yang berpotensi hujan ringan diprakirakan memiliki suhu udara berkisar 24 - 32 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 68 - 97 persen, kecepatan angin berkisar 25 - 30 km/jam dengan arah angin mayoritas menuju barat laut kecuali Muaradua arah anginnya menuju barat.

Sedangkan kota yang diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas curah hujan sedang memiliki suhu udara berkisar 23 - 31 derajat Celcius, kelembaban udara berkisar 70-98 persen, kecepatan angin berkisar 35 km/jam dengan arah angin menuju barat laut, kata Indra.

Dijelaskannya, kondisi cuaca pada Januari 2013 ini didominasi hujan ringan dan sedang dengan intensitas curah hujan masih cukup tinggi seperti bulan sebelumnya.

Intensitas curah hujan pada awal tahun ini diprakirakan mencapai 300-400 milimeter dan disertai angin kencang, kata pejabat BMKG itu menambahkan. (Y009)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013