ada sesuatu yang tak beres dengan Daming yang cenderung melecehkan perempuan...
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI, Desmon J Mahesa mengatakan, ada dua alasan Fraksi Gerindra untuk tidak memilih calon hakim agung Daming Sunusi.

Pertama, Daming bukan calon hakim yang berkarakter dan tidak tegas, katanya.

"Saya bertanya kepada Daming, apakah di MA itu ada atau tidak praktek-praktek mafia seperti yang pemalsuan keputusan seperti yang dilakukan hakim Ahmad Yamani. Damin tidak menjawab dengan tegas. Bagi Gerindra, itu suatu penilaian," katanya di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Selasa.

Kedua, katanya pula, pernyataan Daming dinilai cenderung melecehkan perempuan.

"Itu pertimbangan Fraksi Gerindra untuk tidak memilih dia," katanya.

Lalu bagaimana dengan fraksi lain, ia menyatakan, bisa saja fraksi lain memilih Daming karena pertimbangan tertentu.

"Saya rasa fraksi lain memilih dia karena kita tahu sendiri bahwa dari statemen yang ada, Daming agak kompromi-kompromi. Di DPR itu bukan sekedar hukum, tapi juga politik," katanya.

Namun ia yakin, dengan kedatangan LSM dan banyaknya pengaduan dari masyarakat kepada Komisi III DPR RI soal Daming, seluruh fraksi yang ada di Komisi III akan terbuka matanya untuk tidak memilih Ketua Pengadilan Tinggi Banjarmasin itu.

"Saya pikir fraksi-fraksi lain akan menolak dengan adanya LSM yang melaporkan ke Komisi III. Bisa terbuka bahwa ada sesuatu yang tak beres dengan Daming yang cenderung melecehkan perempuan. Ini bicara kepekaan dia sebagai seorang lelaki terhadap istri anak dan ibunya," kata Desmon.
(Zul)
 

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013