... membantu pimpinan dan institusi TNI dengan mengawal dan menjaga komitmen netralitas TNI dalam politik praktis... "
Jakarta (ANTARA News) - 22 perwira tinggi dari tiga matra TNI melaporkan kenaikan pangkatnya, di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa. Panglima TNI, Laksamana TNI Agus Suhartono, menjadi inspektur upacara pelaporan kenaikan pangkat itu.

Sebanyak delapan jenderal TNI AD, empat laksamana TNI AL, dan 10 marsekal TNI AU hadir dalam upacara itu. Di antara yang turut adalah Panglima Komando Operasi Udara I TNI AU, Marsekal Muda TNI Muhammad Wild Geese Syaugi. Saat masih perwira pertama dan menengah, dia adalah salah satu penerbang generasi pertama F-16 Fighting Falcon TNI AU.

Juga hadir Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Hari Bowo, dan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI, Marsekal Madya TNI Sunaryo, Kepala Kelompok Hakim Militer Utama Pengadilan Militer Utama Mahkamah Agung, Brigadir Jenderal TNI AAA Putu Oka Dewi Iriani, dan Direktur C BAIS TNI, Brigadir Jenderal TNI Irwan Amrun, serta Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigadir Jenderal TNI Rukman Ahmad.

Kepala para perwira tinggi itu, Suhartono menyatakan, "Kenaikan pangkat juga memiliki konsekuensi logis berupa tuntutan sikap keteladanan sebagai pemimpin, baik di lingkungan kedinasan maupun di lingkungan sosial kemasyarakatan."

Para perwira tinggi, katanya, dapat membantu pimpinan dan institusi TNI dengan mengawal dan menjaga komitmen netralitas TNI dalam politik praktis. Hal ini dia tegaskan mengingat dua tahun mendatang akan ada ekskalasi aktivitas politik nasional menuju Pemilu 2014. (*)

Pewarta: Ade P Marboen
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013