Kami terus berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti ground handling, keimigrasian, dan pihak terkait lainnya agar penerbangan pada puncak kepulangan VVIP dan VIP serta delegasi KTT ASEAN besok bisa berjalan lancar
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan pengaturan penerbangan di Bandara Komodo, Labuan Bajo, baik itu penerbangan VVIP, VIP maupun penerbangan reguler dapat dilakukan dengan baik.

Kesiapan itu dilakukan jelang puncak kepulangan delegasi KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo pada Kamis (11/5).

"Kami terus berkoordinasi intensif dengan berbagai pihak seperti ground handling, keimigrasian, dan pihak terkait lainnya agar penerbangan pada puncak kepulangan VVIP dan VIP serta delegasi KTT ASEAN besok bisa berjalan lancar," kata Menhub dikutip dari keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data Direktorat Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub sebanyak 12 penerbangan akan membawa para penumpang VVIP dan VIP meninggalkan Labuan Bajo pada Kamis (11/5).

Penerbangan itu dijadwalkan akan memberangkatkan delegasi negara Brunei Darusalam, Kamboja, Laos, Singapura, Malaysia, Filipina, Vietnam, Timor Leste, dan Thailand mulai pukul 08.45 WITA hingga pukul 16.20 WITA.

Menhub kembali mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakan penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo untuk memperhatikan kembali jadwal penerbangan pada puncak kepulangan delegasi pada Kamis (11/5).

Sebelumnya, pengaturan penerbangan selama penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ke-42 ASEAN Tahun 2023 di Bandara Komodo, Labuan Bajo yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 hingga 13 Mei 2023.

Pengaturan dilakukan untuk menyeimbangkan dan menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan serta kelancaran dari lima jenis penerbangan, yaitu VVIP, VIP, militer, charter, private maupun reguler.

Kemenhub juga menyiagakan 25 minibus (Hiace) beserta awak pengemudi yang dapat digunakan untuk mengantar kepulangan delegasi dan tim pendukung menuju Bandara Komodo.

Armada shuttle itu telah beroperasi sejak 6 hingga 12 Mei 2023, mulai pukul 06.00 WITA hingga 08.00 WITA untuk mendukung mobilitas delegasi, tim pendukung, dan media.

Kendaraan tersebut berkeliling ke bandara dan lokasi-lokasi penyelenggaraan KTT ASEAN serta hotel tempat menginap para delegasi dengan waktu kedatangan 10-15 menit sekali.

Baca juga: Menhub: pengaturan penerbangan VVIP-reguler di Bandara Komodo lancar

Baca juga: Menhub ingin standar layanan Bandara Komodo berlanjut usai KTT ASEAN

Baca juga: Menhub pastikan sarana prasarana transportasi di Labuan Bajo siap

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023