Jambi (ANTARA) - Gubernur Jambi Al Haris mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi selaku  pemegang saham terbesar Bank 9 Jambi menjamin belum ada ada perombakan direksi dan komisaris, pasca penahanan Direktur Utama bank BUMD tersebut oleh kejaksaan terkait dugaan korupsi dan pencucian uang senilai Rp310 miliar.

"Saya sudah melaksanakan rapat dengan pengurus Bank 9 Jambi dan meminta semua aktivitas berjalan seperti biasa dan roda manajemen bank tetap berjalan semuanya, karena ini bukan kasus lembaga perbankan namun ini oknum (person) yang menurut Kejaksaan tinggi (Kejati) bahwa Dirut YEH melakukan suatu tindakan hukum,"kata Al Haris di Jambi, Kamis.

Al Haris  menyebut tidak akan dilakukan dan pastikan tidak ada penggantian direksi dan komisaris. "Semuanya masih bagus kok tidak ada masalah dan saat ini sudah ditunjuk Plt untuk mengisi kekosongan itu," katanya.

Gubernur menyatakan tidak ada masalah di tubuh Bank 9 Jambi dan  minta seluruh direksi untuk tetap fokus dengan kerjanya dan nasabah menjadi prioritas utama dan untuk Dirut  YEH agar tetap fokus menghadapi kasusnya.

Selaku pemegang saham pengendali bersama para bupati dan walikota se Provinsi Jambi, menilai hal itu murni masalah hukum dan masalah hukum ini bukan masalah hukum di lembaga bank-nya, tetapi ini masalah hukum pribadi atau individu yang bersangkutan sehingga Pemprov Jambi tetap menghormati proses hukum yang berjalan.

Sekretaris daerah Provinsi (Sekdaprov) Jambi Sudirman mengatakan para pemegang saham  diberikan mandat paling lama satu bulan setelah penetapan Plt, maka harus ditunjuk terlebih dulu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), siapa dirutnya dan nanti akan dilakukan seleksi oleh tim seleksi termasuk juga oleh OJK.

Mekanisme dari perbankan di Bank9 Jambi sudah ditunjuk terlebih dahulu Plt, agar tidak terjadi kekosongan karena bank Jambi ini adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat tentunya pelayanan tidak boleh berhenti.

Sekdaprov Jambi juga berharap kepada masyarakat nasabah Bank Jambi agar tidak perlu ragu, tidak perlu was was, dan tidak perlu khawatir karena keuangan Bank Jambi sehat serta sistem berjalan seperti biasa oleh karena itu tidak perlu menarik dana besar besaran.

Baca juga: Bank Jambi jamin operasional bisnis lancar pasca Dirut ditahan Kejati
Baca juga: Dirut Bank Jambi ditahan kejati terkait korupsi Rp310 miliar

 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023