Jakarta (ANTARA) -- Berapa banyak di antara Anda yang merasa masih sulit dan enggan menyisihkan sebagian penghasilan agar bisa investasi? Ya, karena terlalu mudah tergiur untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan tidak perlu, tidak sedikit orang merasa kesulitan menanam modal sedini mungkin. Selain itu, karena berpikir masih muda, sebagian orang juga meremehkan pentingnya berinvestasi untuk mempersiapkan kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan.

Padahal, mumpung masih muda, Anda malah perlu menganggapnya sebagai peluang emas untuk bisa lebih optimal menanam modal dan menuai hasilnya di kemudian hari. Pasalnya, semakin cepat menanam modal dilakukan, peluang keuntungan yang mungkin didapatkan menjadi lebih optimal.

Lalu, apa saja alasan yang menjadikan investasi harus dimulai sedini mungkin? Nah, untuk mematahkan pemikiran Anda tentang tak perlu berinvestasi dengan alasan masih muda, simak penjelasan berikut ini.

1. Banyak Kesempatan untuk Meraih Keuntungan
Alasan pertama kenapa investasi seharusnya dimulai sejak sekarang adalah karena Anda memiliki lebih banyak waktu dan kesempatan untuk meraih untung lebih besar. Intinya, investasi adalah aktivitas menanam modal yang dilakukan untuk meraih imbal hasil di masa depan. Sehingga, waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi adalah saat ini.

Selain itu, saat investasi dilakukan selagi muda, nilai uang yang tersimpan di dalamnya mampu terus berkembang lebih lama. Terlebih karena adanya bunga dan investasi berkelanjutan, investasi mampu memberi peluang cuan yang masif. Walaupun dimulai dengan modal kecil, asal konsisten menanam modal sejak dini mampu memberi peluang keuntungan berkali-kali lipat lebih besar.

Investasi sejak dini juga meminimalkan risiko untuk kewalahan meraih tujuan finansial. Pasalnya, keuntungan dari bunga atau return investasi mampu terus meningkatkan nilai uang Anda di masa depan sesuai target dengan lebih optimal.

2. Potensi Mendapatkan Bunga Majemuk
Alasan lainnya kenapa investasi harus dimulai sejak dini adalah adanya potensi memperoleh bunga majemuk seiring waktu. Yang dimaksud dengan bunga majemuk sendiri adalah bunga yang perhitungannya dilakukan dengan membungakan pokok pinjaman ditambah bunga periode sebelumnya. Istilahnya, bunga majemuk adalah bunga berbunga yang mampu meningkatkan peluang imbal hasil investasi secara eksponensial.

Karena adanya bunga majemuk ini pula investasi mendapat slogan “uang akan bekerja untuk Anda” tanpa perlu aktif mengelolanya selayaknya saat berbisnis. Dengan alasan ini sebenarnya mampu meyakinkan siapa saja agar mau berinvestasi sedini mungkin guna meraih peluang keuntungan yang maksimal.

3. Lebih Mudah Menoleransi Risiko
Hal lain yang menjadikan investasi sebaiknya dilakukan sedini mungkin adalah agar investor lebih mudah menoleransi risiko. Daripada uang dihabiskan untuk berbelanja barang tidak perlu, akan jauh lebih baik jika Anda mengalokasikannya sebagai investasi terutama di instrumen minim risiko seperti reksa dana pasar uang atau instrumen reksa dana pendapatan tetap. Di sisi lain, selagi muda, umumnya tanggungan yang dimiliki seseorang juga masih sedikit sehingga lebih banyak dana yang bisa diinvestasikan.

Sebaliknya, saat sudah berumur, apalagi telah berkeluarga dan memiliki anak, dana yang bisa disisihkan untuk investasi umumnya berkurang drastis. Namun, hal ini tak berarti orang yang telah berkeluarga tak bisa memulai investasi. Hanya saja, dibandingkan dengan mereka yang masih muda dan belum memiliki tanggungan, peluangnya untuk meraih cuan investasi biasanya lebih tinggi di masa depan.

4. Mampu Mengendalikan Finansial di Masa Depan
Alasan keempat, investasi di usia muda mampu memberi kesempatan pada Anda untuk mengendalikan finansial dengan lebih baik. Misalnya, ketika berencana untuk membeli rumah, Anda bisa mengumpulkan dananya terlebih dulu dengan investasi dan membiarkan nilainya terus berkembang seiring waktu. Hal ini tentu mampu memudahkan Anda dalam meraih tujuan finansial dengan lebih optimal dan tepat waktu.

Hal serupa juga berlaku saat ingin mengumpulkan dana pensiun. Semakin cepat mengumpulkannya melalui investasi, nominal dana pensiun juga pasti menjadi jauh lebih banyak dan maksimal. Bahkan, peluang untuk bisa menjalani kehidupan pensiun atau financial freedom di usia dini menjadi lebih besar.

5. Menambah Pengalaman Investasi
Terakhir, ketika memutuskan untuk menanam modal sejak sekarang, pengalaman investasi yang dimiliki akan bertambah dibanding saat memulainya di kemudian hari. Dengan bekal pengalaman yang lebih banyak, peluang untuk berhasil dan sukses dari investasi tentu lebih tinggi. Oleh karena itu, segera asah kemampuan investasi Anda dengan memperbanyak pengalaman sekaligus mencari sumber pembelajaran yang kredibel.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023