Jakarta (ANTARA) - Platform belanja daring Tokopedia mencatat transaksi produk makanan naik tajam hingga lebih dari enam kali lipat pada kuartal I tahun 2023.

"Kami mencatat produk seperti daging dan seafood, makanan sarapan, serta makanan kering seperti beras shirataki dan kacang almond masing-masing mengalami peningkatan transaksi lebih dari tiga kali lipat, lebih dari empat kali lipat, dan lebih dari enam kali lipat," kata Head of Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya melalui keterangan resminya, Kamis.

Selain itu, Tokopedia melihat adanya peningkatan transaksi produk perlengkapan kebersihan lebih dari 3,5 kali lipat pada kuartal I 2023 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun produk perlengkapan kebersihan yang paling diburu di antaranya sabun cuci piring, pembersih kaca, dan pengharum ruangan.

Ekhel mengatakan bahwa produk perawatan tubuh dan kecantikan juga diserbu masyarakat.

"Produk perawatan tubuh dan kecantikan seperti shampo, vitamin, dan pengharum rambut, mengalami peningkatan transaksi sebesar hampir dua kali lipat pada kuartal I 2023," ujar Ekhel.

Baca juga: Tokopedia berupaya cegah penjualan barang ilegal dan bajakan

Di samping itu, Tokopedia juga mencatat bahwa inisiatif Hyperlocal berhasil meningkatkan transaksi penjual yang memanfaatkan layanan Dilayani Tokopedia hingga enam kali lipat.

Dilayani Tokopedia merupakan layanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Kemudian, beberapa wilayah dengan kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) juga mengalami peningkatan transaksi. KTP merupakan sebuah halaman kurasi produk dari penjual yang paling dekat dengan lokasi pembeli.

"Beberapa wilayah dengan kampanye KTP seperti Karawang, Jawa Barat; Madiun, Jawa Timur; dan Gianyar, Bali mengalami peningkatan transaksi tertinggi di Tokopedia pada kuartal I 2023 dengan rata-rata peningkatan sebesar lebih dari empat kali lipat," kata Ekhel.

Baca juga: "Inisiatif Hyperlocal" untuk lebih menghubungkan penjual dan pembeli

Kehadiran inisiatif Hyperlocal juga dikatakan Ekhel turut membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia seperti Maluku Barat Daya, Maluku; Konawe Kepulauan, Sulawesi Tenggara; dan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Wilayah-wilayah tersebut tercatat mengalami peningkatan transaksi paling tinggi dengan rata-rata peningkatan transaksi hampir 2,5 kali lipat.

Ekhel menambahkan, ketiga wilayah tersebut juga menjadi wilayah yang memiliki peningkatan transaksi antarpulau paling tinggi, dengan rata-rata peningkatan yang juga hampir 2,5 kali lipat.

Sementara itu, Prabumulih, Sumatera Selatan; Pandeglang, Banten; dan Pemalang, Jawa Tengah, tercatat sebagai sejumlah wilayah dengan peningkatan transaksi menggunakan pengiriman same day dan instan paling tinggi di Tokopedia selama kuartal I 2023, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 7,5 kali lipat.

Baca juga: Tren belanja pada aplikasi Tokopedia selama Ramadhan hingga Lebaran

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023