Ada sekitar 100 orang pedagang sayur
Jakarta (ANTARA) - Hampir semua pedagang sayur di Pasar Jaya Tomang Barat sudah menjual dagangannya secara daring untuk mempermudah transaksi dan memperluas jangkauan penjualan.

Asisten Manager Usaha Pasar Jaya Tomang Barat, Stefan Prasetio di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa hampir semua pedagang sayur di Pasar Jaya Tomang Barat sudah menjual dagangannya pada platform daring, terutama melalui aplikasi Grab (fitur Grab Mart).

"Pedagang sayur di lantai dua itu hampir semuanya sudah menjual dagangan mereka pada platform digital. Ada sekitar 100 orang pedagang sayur," ungkap Stefan. 

Digitalisasi penjualan tersebut, lanjut Stefan menurut pihaknya itu bisa mempermudah proses transaksi dan juga memperluas jangkauan penjualan.

Baca juga: Harga beras di Pasar Tomang Barat Jakbar masih stabil

"Jadi, yang membeli di sini itu bukan hanya masyarakat yang secara jarak bisa menjangkau pasar atau yang punya waktu untuk ke pasar. Namun masyarakat lain yang tidak sempat ke pasar juga bisa mengakses pembelian di Pasar Tomang Barat. Intinya semakin efektif," tambah Stefan.

Stefan menambahkan, pedagang-pedagang yang sudah mendigitalisasi penjualan dagangan mereka kebanyakan yang berusia 20-30 tahun. Sementara pedagang-pedagang yang katakanlah sudah tua (di atas 40 tahun) itu cukup susah untuk diajak berdagang secara daring.

"Kebanyakan yang sudah tua cukup takut untuk berdagang secara digital. Mereka sudah terbiasa berdagang dengan cara-cara konvensional. Apalagi masih banyak yang belum paham penggunaan handphone dan fitur-fitur di dalamnya," ungkap Stefan.

Stefan menambahkan, manajemen Pasar Tomang Barat sudah pernah melakukan sosialisasi kepada pedagang untuk berdagang secara daring melalui aplikasi Pasar Jaya Daring pada 2020.

Baca juga: Pasar Tomang Barat jadi percontohan digitalisasi perdagangan

Para pedagang sempat menerapkannya, lanjut Stefan, tetapi tidak berlangsung lama. Hanya sekitar dua bulan. Lalu kemudian masuklah Grab, kemudian para pedagang beramai-ramai berjualan secara daring melalui fitur itu. 

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023