masih stabil semenjak selesai Lebaran
Jakarta (ANTARA) - Harga jual beras di tingkat pedagang Pasar Tomang Barat, Jakarta Barat (Jakbar) sejak 1 Mei 2023 sampai saat ini masih stabil karena stok komoditas itu masih tersedia dengan cukup dan permintaan dari pembeli cenderung menurun setelah Lebaran tahun ini.

"Untuk harga beras di sini (Pasar Tomang) masih stabil semenjak selesai Lebaran. Kisaran harganya mulai dari Rp12.000 - Rp17.000 per liter. Beras IR-3 Rp12.000, beras setra Rp14.000 dan beras premium Rp17.000," ungkap Asisten Manager Usaha Pasar Jaya Tomang Barat, Stefan Prasetio saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Dengan demikian, kata Stefan, secara umum harga beras di Pasar Tomang Barat memang masih stabil, tetapi pembelinya cenderung sepi. 

"Pada saat ramai yakni satu pekan sebelum Lebaran, seorang pedagang beras bisa menjual hingga 300-400 kilogram (kg) dalam sehari. Kalau sekarang maksimal hanya sekitar 100 kg dalam sehari. Itu masih sepi," kata Stefan.

Baca juga: Ketua Koperasi Cipinang katakan harga beras pindah harga

Stefan menyebutkan, stok beras para pedagang rata-rata masih stabil, hanya saja pembelinya yang mulai berkurang.

"Mungkin karena stok beras masyarakat masih banyak setelah Lebaran. Sehingga sekarang masih belum banyak yang membutuhkan stok beras lagi," ungkap Stefan.

Seorang pengunjung Pasar Tomang Barat, Sainah (56) mengatakan bahwa untuk sekarang kebutuhan rumah tangganya masih sekitar bahan-bahan sembako selain beras.

"Untuk beras saya masih punya stok di rumah. Kebetulan stok beras yang disiapkan untuk Lebaran kemarin, masih ada hingga sekarang. Mungkin minggu depan saya akan tambah stok beras lagi," ungkap Sainah.

Baca juga: Food Station pastikan stok beras DKI tak berkurang meski harga naik

 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023