Depok (ANTARA) - McGill University Kanada berharap Universitas Indonesia (UI) bisa meningkatkan kerja sama pertukaran mahasiswa yang selama ini sudah berjalan dengan baik.

"Pelaksanaan program kerja sama UI dan McGill University sempat terganggu akibat pandemi COVID-19. Kerja sama keduanya kembali ditindaklanjuti pada September 2022, setelah terlaksananya European Association of Dental Public Health (EADPH) di Montpellier, Prancis," kata Wakil Rektor Universitas Indonesia (UI) Bidang Riset dan Inovasi, drg. Nurtami di Kampus Depok UI, Jumat

Sebelumnya, kedua belah pihak telah berkolaborasi di bidang riset dan akan diperluas dalam bidang pendidikan, termasuk untuk program magister dan pertukaran pelajar.

Baca juga: UI raih 5 bintang dari Health University rating system 2022

Baca juga: UI-Victoria State Goverment kerja sama perkuat riset dan inovasi


Dalam kesempatan itu, Nurtami menyampaikan bahwa UI dan McGill University telah memiliki kerja sama dalam bentuk IInternational Joint Publication and Research Mobility.

Kolaborasi penelitian yang dilakukan oleh drg. Melissa Adiatman, Ph.D. dari Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI dan Prof. Elham Emami dari Faculty of Dental Medicine and Oral, Health Sciences, McGill University, merupakan perwujudan dari MoU yang ditandatangani pada 2020.

Menurut Principal and Provost and Vice-Principal Academic McGill University, Christopher P. Manfredi, potensi kerja sama McGill University dengan UI sangat penting untuk ditinjau terus-menerus.

"Kami pernah berkunjung ke UI Kampus Salemba pada Oktober 2019, dan merupakan awal dari kerja sama di antara kedua institusi. Saya berharap kerja sama yang sempat terhenti karena pandemi ini dapat ditinjau dan dilanjutkan kembali di waktu mendatang," kata Manfredi.

Terkait perluasan kerja sama, Former Chair of the Department of Philosophy McGill University, Philip Buckley, menyampaikan bahwa sebelumnya McGill University telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang ada di bawah naungan Kementerian Agama.

Oleh karena itu, kolaborasi UI dan McGill University menjadi era baru kerja sama antara McGill University dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Pembahasan potensi kerja sama keduanya didahului dengan perkenalan singkat program beasiswa dan kelas internasional di masing-masing universitas.

UI secara khusus memaparkan Program Kelas Khusus Internasional (KKI) di FKG UI, sedangkan McGill University mempresentasikan program beasiswa dan kelas internasional secara umum.

Baca juga: UI dan University of Miyazaki kerja sama bidang kesehatan

Baca juga: UI jalin kerja sama dengan Korea Selatan bangun pembelajaran digital


Dengan kapasitas Rumpun Ilmu Kesehatan UI yang sudah bereputasi internasional, hal tersebut akan memudahkan kedua pihak untuk memperluas kerja sama hingga ke rumpun ilmu sosial. Reputasi baik yang dimiliki UI mendapatkan pengakuan langsung dari Manfredi.

"Kami terbuka menjalin kerja sama dengan universitas bereputasi tinggi dan UI menjadi salah satu pilihan kami," ujar Manfredi.

Dekan FKG UI, drg. Nia Ayu Ismaniati Suria, MDSc., SpOrt menekankan perlunya peninjauan lebih lanjut terkait kurikulum yang diajarkan di masing-masing institusi agar poin kerja sama yang disepakati dapat mengakomodasi kepentingan semua pihak.

Meski kolaborasi pendidikan dan penelitian kali ini dikerucutkan di bidang kedokteran gigi, kerja sama juga akan didorong ke bidang ilmu sosial dan humaniora, seperti ilmu politik dan filsafat.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023