Untuk membantu kelancaran proses tersebut, masyarakat diminta tidak beraktivitas di jalur KCJB karena berpotensi membahayakan pelaksanaan commissioning test.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) meminta masyarakat untuk turut serta menjaga kelancaran proses salah satu tahapan penting operasional Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB), yaitu commissioning test atau tes fungsi.

Untuk membantu kelancaran proses tersebut, masyarakat diminta tidak beraktivitas di jalur KCJB karena berpotensi membahayakan pelaksanaan commissioning test.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan meski sepanjang jalur KCJB sudah diberi pagar dan kawat berduri, masyarakat tetap diminta untuk ikut menjaga sarana dan prasarana salah satu proyek strategis nasional itu.

Baca juga: KCIC: Pengoperasian KCJB diproyeksikan akan seperti KA cepat di China

Jalur KCJB sendiri membentang dari Halim, Jakarta Timur hingga Tegalluar, Kabupaten Bandung sepanjang 142,3 kilometer (km) baik secara subgrade, elevated, tunnel, dan bridge.

"Jalur KCJB akan segera dialiri arus listrik sebesar 27,5 kilovolt (KV) sehingga masyarakat diminta untuk tidak masuk ke jalur KCJB karena sangat berbahaya dan bisa tersengat listrik. Anak-anak di sekitar trase juga diminta untuk tidak bermain layang-layang di sekitar jalur KCJB karena benang dan layangannya berpotensi mengganggu kelistrikan KCJB," ucap Rahadian.

Commissioning test yang akan dilakukan tersebut merupakan commissioning test tahap awal antara KCIC dan para kontraktor untuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana KCJB yang telah dibangun. Nantinya tahap selanjutnya ialah commissioning test bersama Kementerian Perhubungan dalam rangka sertifikasi laik operasi KCJB.

KCJB juga akan memiliki kecepatan hingga 350 km/jam sehingga benda asing sekecil apapun berpotensi mengganggu dan membahayakan operasional KCJB.

KCIC juga mengimbau masyarakat yang memiliki hewan ternak atau peliharaan 
​​​​​untuk mengawasinya karena dikhawatirkan masuk area ataupun jalur KCJB.

Baca juga: KCIC: Jalur kereta cepat Jakarta-Bandung dipasangi pencegah kebisingan

Saat ini, KCIC sedang menyosialisasikan kepada tokoh masyarakat yang ada di sekitar trase KCJB untuk menjelaskan tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam rangka persiapan operasional KCJB.

Para tokoh tersebut diharapkan dapat membantu menyosialisasikan rencana commissioning test tersebut kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayahnya.

Selain sosialisasi secara langsung, KCIC juga memasang rambu rambu sosialisasi berupa poster ataupun spanduk terkait mulai dilaksanakannya commissioning test KCJB. Harapannya, masyarakat mampu berperan aktif dalam menjaga keselamatan dirinya maupun orang lain yang berada di lingkungan trase KCJB.

KCIC, kata dia, juga telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk membantu kelancaran operasional KCJB sejak jalannya proses konstruksi, commissioning test hingga nantinya dioperasikan secara komersial.

Baca juga: KCIC: Pemasangan OCS kereta cepat Jakarta-Bandung capai 80 persen

KCIC pun berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh TNI dan Polri serta seluruh stakeholder yang membantu kelancaran jalannya commissioning test tersebut.

"KCIC juga meminta masyarakat untuk sama-sama menjaga seluruh sarana dan prasarana KCJB sehingga KCJB dapat dioperasikan tepat waktu," ujar Rahadian.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023