KKN MAS yang dihadiri 1.000 mahasiswa itu akan ditempatkan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan sebaran 83 desa pada lima kabupaten yakni, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur
Pangkalpinang, Babel (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel) Fadillah Sabri, ST, M.Eng menyatakan sebanyak 1.000 mahasiswa di Indonesia akan menghadiri Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah Aisyiyah (KKN MAS) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai Juli hingga September 2023.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Penjabat Gubernur Kepulauan Babel dan beliau mendukung penuh KKN Muhammadiyah Aisyiyah (MAS) ini," katanya di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan pelaksanaan KKN MAS yang dihadiri 1.000 mahasiswa itu akan ditempatkan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung dengan sebaran 83 desa pada lima kabupaten yakni, Kabupaten Bangka Tengah, Bangka Selatan, Bangka Barat, Belitung dan Belitung Timur.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kepala desa (kades), Bappeda, pemda masing-masing, camat, bupati, dan pihak terkait lainnya," kata Fadillah Sabri.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unmuh Babel, Dzihan Khilmi Ayu menambahkan bahwa kegiatan KKN MAS merupakan kegiatan nasional, kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing lapangan dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah seluruh Indonesia.

"Dalam kegiatan ini, mahasiswa membantu permasalahan yang ada di masyarakat, meningkatkan potensi daerah sesuai dengan tema kegiatan yang di dalamnya ada pariwisata, konservasi lingkungan, dan pendidikan berbasis IT, selama 40 hari masa KKN," katanya.

Pj Gubernur Kepulauan Babel Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan segera akan melakukan pertemuan dengan melibatkan pihak Kadishub provinsi, para kepala daerah masing-masing kabupaten/kota untuk mendukung kegiatan ini agar lebih siap.

"Pada prinsipnya, kita dari provinsi akan mendukung penuh. Tapi kita harus komunikasikan lagi dengan semua pihak kabupaten/kota, karena yang namanya informasi jangan hanya sekali, tapi berulang-ulang," katanya.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Babel-Pemkot menanam 1.000 bibit mangrove

Baca juga: Saluran mendongeng bansos diadakan di Panti Asuhan Babel Muhammadiyah

Baca juga: Warga Muhammadiyah di Belitung menggelar Sholat Idul Fitri 1444 Hijriah

Pewarta: Aprionis
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023