Jakarta (ANTARA) - Kantor Berita Indonesia ANTARA dan Kantor Berita Italia ANSA menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Kerja Sama Pertukaran Berita.

MoU tersebut ditandatangani oleh Direktur Pemberitaan Perum LKBN ANTARA Akhmad Munir dan CEO ANSA Stefano De Alessandri secara virtual di kantor masing-masing pada Jumat.

"Ini merupakan kerja sama tukar menukar informasi di antara kedua kantor berita, dan menjadi penting bagaimana kita mengeksplorasi potensi pemberitaan Indonesia ke Italia khususnya, dan Eropa umumnya," kata Munir usai penandatanganan MoU tersebut.

Melalui kerja sama tersebut, ujar dia, ANTARA mencoba lebih banyak menggali informasi dari Italia dalam hubungan bilateral dengan Indonesia.

"Saya kira ini kerja sama yang makin memperkuat tukar menukar informasi sekaligus memperkuat hubungan kedua negara," tutur dia.

Baca juga: LKBN ANTARA sepakati kerja sama dengan KPU soal pemberitaan pemilu

Baca juga: Dubes: Kerja sama ANTARA-NAMPA perkuat diplomasi Indonesia di Afrika


Sementara itu, CEO Agenzia ANSA Stefano De Alessandri menyatakan antusiasme-nya untuk dapat bermitra dengan Indonesia, yang merupakan negara dengan populasi terbesar keempat di dunia.

"Kerja sama ini akan memungkinkan kami untuk meningkatkan cakupan peliputan kami di Indonesia, begitu pun sebaliknya kemitraan ini akan menawarkan lebih banyak berita tentang Italia di Indonesia," kata De Alessandri.

Dia berharap kerja sama ANSA-ANTARA bisa mendekatkan hubungan kedua negara serta memperluas potensi kerja sama lainnya.

"Sebagaimana tercantum dalam perjanjian, kami mungkin dapat mengembangkan proyek komersial khusus untuk perusahaan dan institusi yang ingin berkomunikasi dari Indonesia ke Italia, dan bagi perusahaan Italia bisa menjadi lembaga untuk berkomunikasi dengan Indonesia," tutur De Alessandri.

Penandatanganan MoU kerja sama tersebut turut disaksikan oleh Duta Besar Italia untuk Indonesia Benedetto Latteri, Direktur Eropa 1 Kementerian Luar Negeri RI Widya Sadnovic, serta Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI) KBRI Roma Lefianna Hartati Ferdinandus.

Kerja sama dengan ANSA merupakan yang pertama kalinya dijalin ANTARA dengan kantor berita di kawasan Eropa.

Baca juga: ANTARA sepakati kerja sama pemberitaan dengan Kantor Berita Kenya

Sebagai satu-satunya kantor berita di Indonesia, ANTARA memiliki jaringan distribusi luas ke seluruh penjuru Indonesia dengan 32 kantor biro serta dua biro luar negeri yakni Biro Beijing dan Biro Kuala Lumpur serta Koresponden di Jepang.

Sedangkan untuk negara-negara yang tidak memiliki biro atau koresponden, ANTARA memperkuat kerja sama dengan kantor berita lokal, misalnya, dengan kantor berita Namibia NAMPA serta kantor berita Kenya KBC.

ANTARA juga memiliki kerja sama dengan Kantor Berita China Xinhua, Kantor Berita Taiwan, WAM News Agency serta Kantor Berita Vietnam serta juga sedang menjajaki kemungkinan kerja sama dengan berbagai kantor berita lainnya.

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023